IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERBASIS E- LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19
Sari
Masa pandemi Covid-19 mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara online dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah Konsep Dasar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar dan observasi tingkat aktivitas. Dari analisa data diperoleh nilai rata- rata pretes mahasiswa sebesar 53.52 dan standar deviasi 10.338 dengan nilai tertinggi 65 dan terendah 30. Setelah materi diajarkan dari hasil postes diperoleh rata-rata sebesar 83.11 dan standar deviasinya 7.549 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 60. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning efektif digunakan pada saat pembelajaran daring.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Marbun, Purim. 2020. “Disain Pembelajaran Online Pada Era Dan Pasca Covid-19.” Csrid Journal 12(2):129–42.
Baalwi, Muhammad Assegaf. 2020. “Kendala Guru Dalam Proses Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Ditinjau Dari Kemampuan Information Technology (IT) Guru Muhammad Assegaf Baalwi.” Jurnal Pendidikan Lintang Songo. 3(2):38–45
S. Ida Kholida, Suprianto. 2020. “Ketercapaian Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Melalui Model Pjbl Dengan Berbantuan Aplikasi Zoom Dan Di Whatsapp Messenger. Masa Pandemic Covid-19.” Pp. 280–86 In Seminar Nasional Pendidikan Fisika Fitk Unsiq 2020. Vol. 2.
Thomas, J.W., & Longman, M. J. R. (2000). Managing Project Based Learning:Principles from the Field. Novato, CA.
Handayani, Lilik. 2020. “Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa Smp Negeri 4 Gunungsari.” Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 7(3):168–74.
Erwan Herwandi, “Model Pembelajaran Berbasisi Proyek / Project Based Learning
Kurikulum 2013”
Ida Ayu Kade Sastrika, I Wayan Sadia, dan I Wayan Muderawan, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyekterhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berfikir Kritis”, e-Journahl Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Muhammad Faiq, “Model Pembelajaran Project Based Learning dan Kurikulum 2013”
Ahmad Dahlan, “Model Project Based Learning”, Blog Ahmad Dahlan. http://www.eurekapendidikan.com/2014/12/model-project-based-learning- landasan.html
Sugeng, R. 2012. Variabel Penelitian. Tersedia pada http:www.sugengrusmiwari. blogspot.com/2012/10/variable-penelitian.html?m=1
Agung, A. A. Gede. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Analisis Data dalam PTK). Makalah (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Undiksha. Singaraja
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Candiasa, I Made. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMANdan BIGSTEPS. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha
Sani. R, A. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara
Wadji, F. 2017. Implementasi Project Based Learning (PBL) dan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 17 (1) 81-97
Wardono, Waluya, S. B., Mariani, S., & Candra, S. D. (2016). Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/693/1/012014
Budiman, H., & Rosmiati, M. (2020). Penerapan Teori Belajar Van Hiele Berbantuan
Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prisma, 9(1), 47.
Wulandari, Y. dan Jannah, M. 2018. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Min 38 Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik. 978-602-60401-9-0
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v6i1.744
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##