PENGUKURAN KEPUASAN PELAYANAN KEMAHASISWAAN, PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/2021 DI UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI
Sari
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelayanan perlengkapan sarana dan prasarana proses perkulihan yang telah diberikan, mengukur kepuasan mahasiswa pada pelayanan kemahasiswaan, pendidikan dan pengajaran, mengetahui kelemahan atau kekuatan kualitas pelayanan dari kemahasiswaan, pendidikan dan pengajaran, dan rencana tindak lanjut dan rekomendasi pada pelayanan kemahasiswaan, pendidikan dan pengajaran di Universitas Quality Berastagi. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan melakukan survey menggunakan google form. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu mahasiswa Universitas Quality Berastagi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang mengisi google form mahasiswa sebanyak 114 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert. Prosedur penelitian yang dilaksanakan dengan menyusun instrumen untuk angket, melakukan validasi dan reabilitas angket, membuat instrument pada google form, mahasiswa mengisi instrumen, menganalisis pelayanan kemahasiswaan, pendidikan dan pengajaran. Hasil pada pelayanan sarana dan prasarana proses perkulihan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di Universitas Quality Berastagi sudah lengkap dan baik dengan tersedianya sarana dan prasarana pada proses perkulihan sebesar 62,56% Kategori Sangat Puas. Kepuasan mahasiswa pada pelayanan kemahasiswaan 49,38% Kategori Puas. Kepuasan mahasiswa pada pelayanan pendidikan 55,27% kategori Sangat Puas dan pengajaran sebesar 57,12% kategori Sangat Puas. Kelemahan kualitas pada pelayanan kemahasiswaan ditemukan pada layanan wifi di area kampus 43% kategori Puas dan temuan kekuatan kualitas terbaik pada pelayanan pendidikan yaitu kemampuan dosen dalam menguasi materi sebesar 57,9% kategori Sangat Puas dan kekuatan kualitas terbaik pada pelayanan pengajaran yaitu dosen bersikap responsive dan media intraksional yang digunakan dosen pada pengajaran 59,6%. Rencana tindak lanjut dan rekomendasi pada kualitas pelayanan kemahasiswaan, pendidikan dan pengajaran di Universitas Quality Berastagi adalah meningkatkan kemampuan serta membina hubungan sosial yang semakin baik dengan mahasiswa pada proses mengajar dan menyelenggarakan workshop pemahaman dosen dalam meningkatkan kualitas mutu dalam pengajaran kepada mahasiswa.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Amirin, T. 2012. Populasi Dan Sampel Penelitian 4: Ukuran Sampel Rumus Slovin. Erlangga. Jakarta.
Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS.
Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Arikunto S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Alhede, M., Jensen., P.Ø., Givskov, M., Bjarnsholt, T. 2010. Biofilm Of Medical Importance. Biotechnology (XII): 1-10
Riduwan. 2018. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v6i2.796
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##