ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA

Frikson Jony Purba

Sari


Penelitian ini dilaksanakan pada hari Kamis 16 Juni 2022 yang bertujuan untuk menentukan gambaran kemampuan siswa, mengetahui kesulitan belajar siswa, dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa SD RK FR. XAVERIUS Namorambe  Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan  wawancara.  Dimana jumlah soal tes  berjumlah 5 soal dimana tes bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa dan  wawancara berjumlah 10 butir pernyataan dimana angket bertujuan untuk mencari faktor kesulitan belajar siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka gambaran kemampuan siswa didapat pada kategori rendah yaitu sebesar 58,44. Hasil tersebut diperoleh dari menghitung nilai rata-rata 32 orang setelah diberi soal tes sejumlah 5 soal. Sedangkan kesulitan belajar siswa dapat ditentukan dengan rumus : P =  x 100%. Dimana P adalah Persentase Jawaban, f adalah frekuensi jawaban salah, dan N adalah banyaknya siswa. Sehingga diperolah hasil kesulitan siswa adalah 68,12%. Dan untuk mendapatkan factor kesulitan belajar siswa dapat diperoleh dengan memberikan wawancara yang isinya adalah 10 pernyataan yang diberikan kepada siswa yang nilainya dibawah KKM. Berdasarkan analisis yang dilakukan dari jawaban angket siswa maka dapat disimpulkan bahwa faktor kesulitan belajar siswa memliki 2 faktor yaitu factor internal dan eksternal. Faktor internal atau faktor yaitu seperti siswa kurang paham dalam pembelajaran operasi hitung penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama atau siswa tidak menguasai konsep, faktor eksternal yaitu siswa tidak diajari atau diarahkan oleh orang tua saat belajar dirumh, dengan adanya internet siswa lebih suka mencari jawaban dariinternet sehingga membuat siswa menjadi malas dalam berpikir.

 


Kata Kunci


Analisis, Kesulitan, dan Pembagian

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anas Sudijono,2014.Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2013.Evaluasi Pembelajaran,Yogyakarta: Multi Pressindo.

Ihsan El Khuluqo.2017. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka

Belajar.

Karwono. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Muliyono Abdurrahman.2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Marlina. 2019.Asesmen Kesulitan Belajar. JakartaTimur: Prenadamedia Group.

Muhammedi. 2017. Psikologi Belajar. Medan: Larispa Indonesia.

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar

siswa sekolah dasar di kecamatan kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan

Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(1), 107-122.

Riduwan.2010 .Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung Alfabeta

Syaiful Bahri. 2018. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D.Bandung:

Alfabeta.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka

Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v6i2.816

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA