PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 024868 BINJAI BARAT TAHUN AJARAN 2022

Juwita Tindaon, Eti Muliani

Sari


Masalah dalam penelitian adalah kurang maksimalnya hasil belajar PKN siswa menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar  PKN siswa kelas V SD Negeri 024868 Binjai. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar  PKN siswa kelas V. Analisis data yang digunakan menggunakan rumus Kolerasi Product Moment. Berdasarkan analisis data diperoleh gambaran motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 024868 Binjai adalah cukup baik dengan nilai rata-rata 59,60. Sedangkan gambaran hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 024868 Binjai adalah baik dengan nilai rata-rata 75,93. Diperoleh nilai kolerasi produck moment adalah 0,6825 ada kolerasi yang langsung antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V sebesar 68%.  Berdasarkan hasil perhitungan uji-t  maka H1 diterima atau ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 024868 Binjai  Tahun Ajaran 2021/2022.


Kata Kunci


Motivasi Belajar, Hasil Belajar PKN

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdurraham,M. 2018. Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya.. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aqib, Z. 2020. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Asra, S. d. 2018. Metode Pembelajaran . Bandung: CV Wacana Prima.

Furqanul Aziesz, M. S. 2020. Ensiklopedia Pendidikan Indonesia Pangan Pendidikan profesional. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Irawan, Z. A. 2019. Bahasa Indonesia Keilmuan. Yogyakarta: Andi Offset. Khuluqo, I. E. 2017. Belajar dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kompri. 2018. Motivasi pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid, A. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Marwan, S. d. 2019. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Mularsih, K. d. 2017. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Octavia, S. A. 2020. Motivasi Belajar Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Deepublish.

Pulungan, I. d. 2017. Ensiklopedi pendidikan. Medan: Mediapersada.

Sani, R. A. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sriwilujeng, D. 2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter.Erlangga.

Sudaryono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Mix Method.Depok: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2016. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v6i2.824

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA