PENERAPAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DAN VI SD NEGERI 060800 KECAMATAN MEDAN AREA

Ulfah Sari Rezeki, Tina Sheba Cornelia, Yanti Togatorop

Sari


Penelitian ini membahas hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V dan VI SD Negeri 060800 Kecamatan Medan Area. Tujuan penelitian ii adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V dan VI SD Negeri 060800 Kecamatan Medan Area.

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 060800 Kecamatan Medan Area dengan populasi sebanyak 33 orang dan sampel dengan 33 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur pola asuh orang tua  adalah angket  dengan jumlah 40 butir. Validitas tes diuji menggunakan teknik korelasi produk momen dengan hasil 40 butir dinyatakan valid.sedangkan realibilitas tes di uji menggunakan alpha dengan hasil 0,928 pada taraf signifikan 95% dengan alpha 5%. Untuk mengetahui hasil belajar siswa teknik pengumpulan  data yang dilakukan adalah dokumentasi, yaitu dengan menggunakan DKN kelas V dan VI semester ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 sebagai sumber data.

Teknik analisi data menggunakan korelasi product moment sedangkan hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan koefisien korelasi menunjukkan bahwa rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,344 sedangkan rhitung sebesar 0,395 berada pada arah yang positif. Dengan demikian dapat diketahui bahwa rhitung lebih besar dari rtabel  pada  taraf signifikan 5%. Sedangkan hipotesis denga menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 2,39 dan ttabel  1,696 sehingga Ha diterima dan Ho di tolak yang artimya terdapat hubungan positif yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa SD Negeri 060800 Kecamatan Medan Area.

Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan bahwa pola asuh orang tua akan berdampak pada hasil belajar anak. Semakin baik pola asuh yang diterapkan oleh orang tua maka semakin tinggi hasil belajar siswa SD Negeri 060800 Kecamatan Medan Area.


Kata Kunci


Pola asuh, Hasil Belajar, Siswa

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Agustiawati, I. (2014). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Budiarnawan, K. A., Antari, N. N. M., Erg, M., & Rati, N. W. (2014). Hubungan antara konsep diri dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD di Desa Selat. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Fitasari, N. P. D., Suniasih, N. W., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening. International Journal of Elementary Education, 3(4), 404-412.

Ningrum, W. R. (2016). Pengaruh peranan dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan, 17(2), 129-137. Rahmawati, F., Sudarma, I. K., & Sulastri, M. (2014). Hubungan antara pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa SD kelas IV semester genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145-154.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v6i2.882

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA