MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DI KELAS V SD NEGERI 040570 TIGABINANGA KECAMATAN TIGABINANGA KABUPATEN KARO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mika Elisabet Br. Depari, Elisa Elisa, Friscilla Sembiring

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040570 Tigabinanga yang berjumnlah 30 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN pada pokok bahasan Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat di kelas V SD Negeri 040570 Tigabinanga.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Dari hasil Penelitian yang dilakukan bahwa, pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru pasa siklus I adalah 60% yang berkategori cukup, dan aktivitas siswa 68,88 yang berkategori cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan pada aktivitas guru 79% dan aktivitas siswa 77,77 yang masing-masing berkategori baik. Kemudian hasil tes siklus I terdapat 19 orang siswa yang tuntas dengan persentase 63,33% dan 11 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 36,66% dengan rata-rata 63,66. Pada siklus II terdapat 26 orang siswa yang tuntas dengan persentase 86,66% dan 4 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 13,333% dengan rata-rata 79,66. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran PKN dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD pada materi Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat di kelas V SD Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Pelajaran 2018/2019 kategori baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata Kunci


Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD, Hasil Belajar, PKN

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aqib, Zainal, dkk. 2010. Cetakan kedua Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: Yrama Widya.

Asep Jihad dan Abdul Haris.2012 Cetakan Pertama Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Dumiayati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v6i2.897

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA