KORELASI KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP
Sari
Masalah dalam penelitian adalah hasil belajar siswa belum maksimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar, prestasi belajar, kontribusi kemandirian belajar terhadap hasil belajar, dan korelasi kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Cerdas Bangsa Namorambe Tahun Ajaran 2021/2022, dengan sampel 38 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan penelitian korelasional, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan statistik t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh; (1) kemandirian belajar siswa berkriteria cukup, (2) hasil belajar siswa berkriteria cukup, (3) kemandirian belajar memberikan kontribusi 34,81% terhadap hasil belajar, (4) terdapat korelasi yang signifikan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Cerdas Bangsa Tahun Ajaran 2021/2022.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Alfian Hidayat, M., A., dan Sutirna. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2486
Arikunto Suharsimi .2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Akara.
Asep Jihad dan Abdul Haris .2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo
Babari .2002. Pengertian Kemandirian Belajar. Diunduh di http://www.jejakpendidikan.com/2017/03/pengertian-kemandirian-belajar.html
Hoelstein, Herman .1984. Murid Belajar Mandiri. Bandung: Remadja Karya
Majid .2014. Ciri-Ciri Kemandirian Belajar. Diunduh di https://educhannel.id/blog/artikel/kemandirian-belajar.html
Purwanto .2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sanita, N., Elisa, Susanna.(2021). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Syamtalira Bayu. Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora. 9(6): 857 – 864. https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/ view/3086/2383
Siti Julaecha, Abdul Baist. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Smk Kelas XII Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Analisa. 5(2): 103-108. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/4752
Slameto .2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana .2017. Metode Stastika. Bandung: PT Tarsido.
Sudjana Nana, 2013. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI RUMAH. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159-170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63
Suprijono Agus. 2015 Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yanti yang dikutif Gusnita, Melisa, & Delyana. H.. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPSq). Jurnal BSIS. 3(2): 286-296.
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v6i2.946
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##