KEMAMPUAN PENALARAN ALJABAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
Sari
Aljabar sebagai salah satu bidang kajian dalam Matematika belum diajarkan dalam konsep tertentu dalam pembelajaran sekolah dasar, namun konsep operasi hitung dan sifat-sifatnya sudah diajarkan. Pembelajaran aljabar membutuhkan kemampuan memahami konsep, simbol-simbol, operasi dan aturan-aturannya. Proses ini mengeksplorasi penalaran aljabar yang di dalamnya memuat keterampilan memahami pola-pola dan membuat generalisasinya. Pengenalan penalaran aljabar dalam tingkat sekolah dasar memerlukan kompetensi baru guru karena sebagian besar guru ini memiliki sedikit pengalaman dengan aspek penalaran aljabar yang kaya dan terhubung. Penelitian ini bertujuan memperkenalkan dan menerapkan penalaran aljabar sesuai dengan materi yang sudah diajarkan di sekolah dasar sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar Matematika. Penelitian ini menggabungkan kerangka poin dan level penalaran aljabar bersesuaian dengan objek penelitian. Penyampaian materi dan soal akan mendorong siswa untuk memahami dan mengaplikasi penalaran aljabar dalam memahami lebih dalam materi Matematika yang sudah dipelajari sebelumnya.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Andriani, P. (2015). Penalaran aljabar dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 8(1), 1–13.
Badawi, A., Rochmad, R., & Agoestanto, A. (2016). Analisis kemampuan berpikir aljabar dalam matematika pada siswa SMP Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 182–189. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i3.13100
Baier, F., Decker, A., Voss, T., Kleickmann, T., Klusmann, U., & Kunter, M. (2019). What makes a good teacher? The relative importance of mathematics teachers’ cognitive ability, personality, knowledge, beliefs, and motivation for instructional quality. British Journal of Educational Psychology, 89(4), 767–786. https://doi.org/10.1111/bjep.12256
Blanton, M. L., & Kaput, J. J. (2005). Characterizing a classroom practice that promotes algebraic reasoning. Journal for Research in Mathematics Education, 36(5), 412–446. https://doi.org/10.2307/30034944
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47–54.
Godino, J. D., Neto, T., Wilhelmi, M. R., Aké, L., Etchegaray, S., & Lasa, A. (2015). Algebraic reasoning levels in primary and secondary education. CERME 9-Ninth Congress of the European Society for Research in Mathematics Education, 426–432.
Indraswari, N. F., Budayasa, I. K., & Ekawati, R. (2018). Algebraic reasoning in solving mathematical problem based on learning style. Journal of Physics: Conference Series, 947(1), 12061. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012061
Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777–785. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.25
Maryati, I., & Nurkayati, N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Sekolah Menengah Atas dalam materi Aljabar. Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 16(2). https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.40007
Mulyati, T. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v3i2
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.
Twohill, A. (2013). Algebraic reasoning in primary school: Developing a framework of growth points. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 33(2), 55–60.
Unaenah, E., Kamilah, N., Lestari, D. R., Nugrahanti, I., Lestari, B., & Lestari, P. I. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Waktu, Jarak dan Kecepatan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Kelas V SD. EDISI, 2(1), 169–176. https://doi.org/10.36088/edisi.v2i1.838
Voss, T., Kleickmann, T., Kunter, M., & Hachfeld, A. (2013). Mathematics teachers’ beliefs. In Cognitive activation in the mathematics classroom and professional competence of teachers (pp. 249–271). Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-5149-5_12
Watson, A. (2007). Key understandings in mathematics learning Paper 6: Algebraic reasoning. https://www.nuffieldfoundation.org/wp-content/uploads/2019/12/P6.pdf
Winditasari, M., & Soegiyanto, S. K. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Waktu, Jarak, dan Kecepatan melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 6(8).
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i1.990
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##