KEMAMPUAN PENALARAN ALJABAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Juli Loisiana Butar-Butar, Wina Duwi Lara, Desi Alyya Putri

Sari


Aljabar sebagai salah satu bidang kajian dalam Matematika belum diajarkan dalam konsep tertentu dalam pembelajaran sekolah dasar, namun konsep operasi hitung dan sifat-sifatnya sudah diajarkan. Pembelajaran aljabar membutuhkan kemampuan memahami konsep, simbol-simbol, operasi dan aturan-aturannya. Proses ini mengeksplorasi penalaran aljabar yang di dalamnya memuat keterampilan memahami pola-pola dan membuat generalisasinya. Pengenalan penalaran aljabar dalam tingkat sekolah dasar memerlukan kompetensi baru guru karena sebagian besar guru ini memiliki sedikit pengalaman dengan aspek penalaran aljabar yang kaya dan terhubung. Penelitian ini bertujuan memperkenalkan dan menerapkan penalaran aljabar sesuai dengan materi yang sudah diajarkan di sekolah dasar sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar Matematika. Penelitian ini menggabungkan kerangka poin dan level penalaran aljabar bersesuaian dengan objek penelitian. Penyampaian materi dan soal akan mendorong siswa untuk memahami dan mengaplikasi penalaran aljabar dalam memahami lebih dalam materi Matematika yang sudah dipelajari sebelumnya.


Kata Kunci


aljabar_SD; penalaran_aljabar; berpikir_secara_aljabar; penalaran_matematika

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Andriani, P. (2015). Penalaran aljabar dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 8(1), 1–13.

Badawi, A., Rochmad, R., & Agoestanto, A. (2016). Analisis kemampuan berpikir aljabar dalam matematika pada siswa SMP Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 182–189. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i3.13100

Baier, F., Decker, A., Voss, T., Kleickmann, T., Klusmann, U., & Kunter, M. (2019). What makes a good teacher? The relative importance of mathematics teachers’ cognitive ability, personality, knowledge, beliefs, and motivation for instructional quality. British Journal of Educational Psychology, 89(4), 767–786. https://doi.org/10.1111/bjep.12256

Blanton, M. L., & Kaput, J. J. (2005). Characterizing a classroom practice that promotes algebraic reasoning. Journal for Research in Mathematics Education, 36(5), 412–446. https://doi.org/10.2307/30034944

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47–54.

Godino, J. D., Neto, T., Wilhelmi, M. R., Aké, L., Etchegaray, S., & Lasa, A. (2015). Algebraic reasoning levels in primary and secondary education. CERME 9-Ninth Congress of the European Society for Research in Mathematics Education, 426–432.

Indraswari, N. F., Budayasa, I. K., & Ekawati, R. (2018). Algebraic reasoning in solving mathematical problem based on learning style. Journal of Physics: Conference Series, 947(1), 12061. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012061

Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777–785. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.25

Maryati, I., & Nurkayati, N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Sekolah Menengah Atas dalam materi Aljabar. Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 16(2). https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.40007

Mulyati, T. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v3i2

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.

Twohill, A. (2013). Algebraic reasoning in primary school: Developing a framework of growth points. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 33(2), 55–60.

Unaenah, E., Kamilah, N., Lestari, D. R., Nugrahanti, I., Lestari, B., & Lestari, P. I. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Waktu, Jarak dan Kecepatan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Kelas V SD. EDISI, 2(1), 169–176. https://doi.org/10.36088/edisi.v2i1.838

Voss, T., Kleickmann, T., Kunter, M., & Hachfeld, A. (2013). Mathematics teachers’ beliefs. In Cognitive activation in the mathematics classroom and professional competence of teachers (pp. 249–271). Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-5149-5_12

Watson, A. (2007). Key understandings in mathematics learning Paper 6: Algebraic reasoning. https://www.nuffieldfoundation.org/wp-content/uploads/2019/12/P6.pdf

Winditasari, M., & Soegiyanto, S. K. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Waktu, Jarak, dan Kecepatan melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 6(8).




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i1.990

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA