PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP DASAR IPA MAHASISWA

Dedi Holden Simbolon, Eka Kartika Silalahi, Rinaldy Sianturi

Sari


Salah satu model pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam mengembangkan kemampuan berfikir secara optimal, memperhatikan latar belakang kemampuan pemecahan masalah dengan strategi konflik kognitif dalam perubahan konseptual adalah model pembelajaran (Predict-Observe-Explain) POE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar konsep dasar IPA mahasiswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran POE dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalen post-test only control group design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diuraikan simpulan sebagai berikut. Terdapat perbedaan hasil belajar konsep dasar IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model POE dan model pembelajaran konvensional (F=28,177; p<0,05). Terdapat perbedaan hasil belajar konsep dasar IPA antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetika (F=11,573; p<0,05). Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar konsep dasar IPA dan sikap ilmiah siswa (F=11,000;p<0,05). Terdapat perbedaan hasil belajar konsep dasar IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model POE dan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki gaya belajar visual (F=23,912; p<0,05). Terdapat perbedaan hasil belajar konsep dasar IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model POE dan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki gaya belajar auditori (F=0,452; p<0,05). Terdapat perbedaan hasil belajar konsep dasar IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model POE dan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki gaya belajar kinestetika (F=25,991; p<0,05). Hal ini menyatakan bahwa model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar konsep dasar IPA pada siswa.


Kata Kunci


Hasil Belajar, Konsep Dasar IPA, Predict-Observe-Explain (POE)

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ahmadi, R. 2014. Pengantar Pendidikan: Asas dan Filsafat Pendidikan Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

An’nur. 2015. “Perbedaan Hasil Belajar antara yang menggunakan model pembelajaran

POE (Prediction Observation Explanation) dan EIA ( Exploration Ontroduction application) pada siswa kelas XI IPA SMA negeri 4 banjarmasin. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2, (2)

Fahrinnisak. 2018. Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Terhadap

Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN Pangarangan III Sumenep. Alpen: Jurnal Pendidikan

Dasar, 2(1).

Liputo, A.P.E.C., Ischak, N.I., Suleman. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termokimia Suatu Penelitian di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Entropi, 13(2).

Rikmasari, R., Sundari, K., Nuraini, H. 2022. Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4).

Udayani, K. M., Kusmariyatni, N., & Mahadewi, L. P. P. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1)

Wahyudi, N., & Fitria, Y. 2020. Pengaruh Model Predict Observe Explain Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i1.995

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA