PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROSES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ATLANTIS PARFUME MEDAN

Samuel Tenang Ukur Ardianta Ginting, Riski - Sembiring, Cindy Gloria Bangun

Abstract


Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini adalah supaya mengetahui Pengaruh Kualitas Produk yang terdiri dari 6 indikator yaitu Kinerja, Keistimewaan, Kepercayaan dan Waktu, Mudah Dirawat dan Diperbaiki, Sifat Khas, Penampilan dan Citra Etis. Dan Proses terdiri 5 indikator yaitu Kecepatan pembayaran, Kejelasan batas waktu setiap jenis layanan, Secara keseluruhan layanan yang diberikan cukup baik dan cepat, Memiliki jaminan purna layanan, Jam buka toko, baik secara parsial maupun simultan terhadap Keputusan Pembelian terdiri dari 4 indikator yaitu Produk Pilihan, Merek Pilihan, Penentuan saat Pembelian, Situasi saat Pembelian pada Toko Atlantis Parfume Medan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 sampel. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji t, Uji f dan Koefisien determinasi (R2) serta dihitung dengan program SPSS versi 22.0. Dari hasil persamaan regresi diperoleh Y=5,043+0,126X1+0,381X2. Dari hasil Uji t didapat bahwa secara parsial Kualitas Produk dan Proses berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Atlantis Parfume Medan, artinya hipotesis pada penelitian ini diterima.

Kata Kunci : Kualias Produk, Proses, Dan Keputusan Pembelian.

 

Abstract

The aim of this research is to determine the influence of product quality which consists of 6 indicators, namely Performance, Specialty, Trust and Time, Easy to Maintain and Repair, Distinctive Characteristics, Appearance and Ethical Image. And the process consists of 5 indicators, namely speed of payment, clarity of time limits for each type of service, overall the service provided is quite good and fast, has an after-service guarantee, shop opening hours, both partially and simultaneously on purchasing decisions consisting of 4 indicators, namely selected products. , Choice of Brand, Determination when Purchasing, Situation when Purchasing at the Atlantis Perfume Medan Store. The number of samples in this study was 96 samples. The sampling technique used in this research is non-probability sampling. The hypothesis in this research uses the t test, f test and coefficient of determination (R2) and is calculated using the SPSS version 22.0 program. From the results of the regression equation, it is obtained that Y=5.043+0.126X1+0.381X2. From the results of the t test, it was found that partially product and process quality had a significant effect on purchasing decisions at the Atlantis Perfume Shop in Medan, meaning that the hypothesis in this study was accepted.

Keywords: Product Quality, Process, and Purchasing Decisions.


Keywords


Product Quality, Process, and Purchasing Decisions.

Full Text:

PDF

References


Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 22. . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haque., M. G. (2020, April 2020.). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Berlian Multitama Di Jakarta. E-MABIS : Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis.

Hasan, I. (2014). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriantoro, &. S. (2014). Metode Penelitian Bisnis. . Yogyakarta: BPFE UGM.

Indriati, S. N. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa (Process, Physiycal Evidence, People) Terhadap Keputusan Pembelian. (Survei pada Konsumen Sultan Laundry BRP Tasikmalaya). ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol.1, No.7.

Kotler, P. &. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. . Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P. &. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi 15. . Jakarta.

Lady Fransisca Senaen, &. W. (2015). Pengaruh People, Proses, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Pada PT. Hasjrat Abadi Manado. . Jurnal EMBA Vol.3 No.1, Maret 2015.

Lupiyoadi, R. d. (2019). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori.

Revi Meilani, &. I. (2020, Mei 2020). Pengaruh Product, People, Dan Process Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Ekspedisi CV. Hitam Oren Express (HOE) Di Surabaya. . Jurnal Ekonomi Manajemen (JEM 17), Volume 5, Nomor 1, 33-46.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. . Bandung: CV Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jg.v6i2.1415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional