ANALISIS PEMASARAN JASA DI SUITE PAKAR HOTEL BERASTAGI

Ingan Ukur Br Sitepu, Menanti Sembiring

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pemasaran jasa di Suite Pakar Berastagi . Adapun jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitait, yaitu data kualitatif adalah data yang diperoleh dalam bentuk informasi lisan

Analisis SWOT strategi pemasaran jasa pada hotel Suite Pakar Berastagi yaitu:

Berdasarkan tabel matriks IFAS dan EFAS didapat hasil pada faktor eksternal yaitu peluang sebesar 2.12 dan ancaman 0,58 dan selisih antara faktor eksternal pada hotel Suite Pakar Berastagi sebesar 1,54. Data tersebut diambil dari tabel matriks EFAS. Peluang ini dapat dikatakan peluang yang besar dikarenakan diukur dari parameter dengan 1,00 (tidak penting) dan 4,00 (sangat penting). Kemudian jika dilihat dari faktor internal yaitu kekuatan sebesar 2,27 dan kelemahan sebesar 0,75 serta selisih diantara kedua faktor tersebut sebesar 1,52, sehingga hasil selisih antara faktor eksternal dan internal yang ada pada hotel Suite Pakar Berastagi dimasukkan ke dalam diagram analisis SWOT yang ada pada gambar 4.2. Dari diagram analisis SWOT hotel Suite Pakar Berastagi dapat membuat strategi agresif untuk menjalankan perusahaannya. Pada strategi ini, hotel Suite Pakar Berastagi dapat meningkatkan atau mempertahankan strategi pemasaran jasa yang selama ini dilakukan seperti menyediakan makanan dengan varian beragam dan enak, karyawan berpenampilan yang rapi, sopan, dan ramah, menyediakan jasa tour dan fasilitas pernikahan, banyaknya pilihan kamar, dan waktu pelayanan selama 24 jam yang mengutamakan kualitas pelayanan yang baik kepada pengunjung.

     

 


Keywords


pemasaran jasa, kepuasan masyarakat

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jg.v3i2.586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional