PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK HSBC INDONESIA CABANG PERINTIS MEDAN

Fanny Fanny, Sugianta Ovinus Ginting, Apren Halomoan Hutasoit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank HSBC Indonesia Cabang Perintis Medan, baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Nasabah Bank HSBC Cabang Perintis Medan sebanyak 700 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 255 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian Hipotesis Pertama secara simultan dan parsial, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi dan Citra Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Nilai Adjusted R Square sebesar 82,6% berarti bahwa Kepuasaan Nasabah dapat dijelaskan dengan Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi dan Citra Perusahaan. Sementara sisanya sebesar 17,4% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Kepuasan Nasabah; Kualitas Pelayanan; Kualitas Produk; Promosi; Citra

Full Text:

PDF

References


F. Rangkuti, Customer Care Excellence Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Raharja. 2016.

S. Sirait and K. Sinaga, “Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Minat Nasabah Pada Perbankan Di Pematangsiantar,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 3, no. 1, p. 248, 2020, doi: 10.37600/ekbi.v3i1.126.

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2013.

B. Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, 2016.

P. Kotler and G. Amstrong, Principles of Marketing, 16th ed. England : Pearson, 2016.

F. Tjiptono, Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI OFFSET, 2018.

P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran, 1 dan 2. Jakarta: Erlangga, 2011.

S. Supartiningsih, “Kualitas Pelayanan an Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan,” J. Medicoeticolegal dan Manaj. Rumah Sakit 10.18196/jmmr.2016, vol. 6, no. 1, pp. 9–15, 2017, doi: 10.18196/jmmr.6122.

S. Assauri, Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Jakarta: Rajagrafindo, 2009.

P. Kotler and G. Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat, 2008.

R. Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran, 3rd ed. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B). Bandung: Alfabeta, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jg.v4i2.823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional