PENGGUNAAN GAME BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN VOCABULARY SISWA

Alfina Gustiany Siregar, Frida Dian Handini, Tania Mauluddya, Witaren Laia, Wahyu Gideon M Gultom

Abstract


Bahasa Inggris masih dianggap sulit pelajaran yang sulit bagi sebagian siswa. Hal itu bisa terjadi karena keterbatasan pengetahuan akan vocabulary, grammar, speaking, listening, reading dan writing. Oleh karena itu diperlukan media untuk membuat siswa tertarik mempelajari Bahasa Inggris, terutama Vocabulary. Dengan mendapat vocabulary yang banyak, maka siswa akan cenderung mudah untuk mempelajari aspek Bahasa Inggris lainnya. Salah satu media yang digunakan ialah bermain game. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menggunakan media game untuk meningkatkan vocabulary siswa. Siswa cenderung senang ketika bermain game, jadi media game dalam mempelajari vocabulary akan meningkatkan pengetahuan vocabulary, itulah Game yang digunakan ialah “Guess The Word” dan “Who am I”. Kegiatan ini yaitu, memperkenalkan cara bermain games, memberikan penjelasan cara bermain games, mengenalkan vocabulary yang terdapat dalam games, memberikan contoh pelafalan vocabulary yang benar. Berdasarkan pengamatan selama kegiatan, bermain game menggunakan vocabulary Bahasa Inggris memberikan dampak yang positif yaitu siswa merasa antusias ketika bermain game dan meningkatkan vocabulary mereka. Dengan demikian pengabdian masyarakat di Rumah Qur’an Arfan Syarifah Medan berjalan dengan baik dan lancar.


Keywords


Media Pembelajaran, Game, Vocabulary

Full Text:

PDF

References


Anggara. (2010). Ultimare Game Desain Building RPG Games Using Adobe Flash Action Script. Yogyakarta: Andi.

Bennet, Neville. (2005). Teaching through Play. Jakarta: Grassindo.

Hamzah, B. U. (2009). Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Haldfield, Jill. (1987). A Collection of Games and Activities for Intermediate and Advanced Students of English. England: Longman.

Handriyantini, Eva. (2009). Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. e-Indonesia Initiative 2009: Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia.

Slamet. (1991). Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester (SKS). Jakarta: Bumi Aksara.

Woolard, George. (1995). Lesson with Laughter. Edinburgh: Commercial Colour Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional