SOSIALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT MENGGUNAKAN APLIKASI 2C ERA SOCIETY 5.0 DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA KELAS V UPT SDN 064992 MEDAN AMPLAS

Nurhanifa Tamba, Mariani Mariani, Kharisma Wati Tamba

Abstract


Pelatihan pengembangan ICT dengan menggunakan aplikasi 2C yaitu canva dan capcut bertujuan untuk memberikan keterampilan dalam pembuatan video yang menarik dengan cara yang relatif mudah. Dengan digunakannnya teknologi oleh guru diharapkan akan pemicu minat siswa untuk lebih bersemangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran di era ini. Penulis membagi kegiatan dalam tiga tahap, yaitu (1) Persiapan, (2) Pelaksanaan dan (3) Evaluasi dan Pelaporan. Adapun hasil dari pengabdian ini bagi guru dan siswa di UPT SDN 064992 Medan Amplas adalah sebagai berikut ini: 1) Guru mampu memahami konsep pembelajaran menggunakan aplikasi Canva dan Capcut dengan menghasilkan media pembelajaran berupa video pendek animasi, 2) Guru mampu menggunakan aplikasi Canva dan Capcut dengan menghasilkan media pembelajaran berupa video pendek animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Keywords


Sosialisasi;ICT;2C;5.0

Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo, 2014, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Prespektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arifin, Zainal., 2012, Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT, Media Creative,Yogyakarta

Gunawan, I., & Palupi, A. R. 2012. Taksonomi Bloom Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. E-Jurnal IkipMadiun, No.2 Vol 2 98-117, http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php /PE/article/view/50

Sudiarta, I. G. P. & Sadra I. P., 2016, Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal

Pendidikan dan Pengajaran, 49 (2): 48-58 (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/9009)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional