PENGEMBANGAN MODUL AJAR DENGAN BANTUAN KECERDASAN BUATAN PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA GURU SMP WASHLIYANI MEDAN

Syarif Hussein Sirait, Irwansyah Irwansyah, Srie Faizah Lisnasari, Ananda Nazmi Adilla, Dea Adisti

Abstract


Artikel ini menyajikan sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di SMP Washliyani dengan tema "Pengembangan Modul Ajar dengan Bantuan Kecerdasan Buatan pada Implementasi Kurikulum Merdeka". Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 3 April hingga 26 April yang melibatkan tujuh guru SMP Washliyani. Tahapan kegiatan dimulai dengan pengumpulan data kondisi awal guru melalui survei tentang pengembangan modul ajar menggunakan kecerdasan buatan. Selanjutnya, dilakukan perencanaan pelatihan yang terdiri dari dua materi utama, yakni dasar-dasar pembuatan modul ajar dan pembuatan modul ajar menggunakan kecerdasan buatan. Setelah pelatihan selesai, dilakukan survei akhir untuk mengevaluasi kepuasan para guru terhadap kegiatan pelatihan tersebut. Mayoritas guru menyatakan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan efisiensi dalam menyusun dan mengembangkan modul ajar. Kesimpulannya, penggunaan teknologi kecerdasan buatan dalam pembuatan modul ajar dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Washliyani sesuai dengan Kurikulum Merdeka

Keywords


Modul ajar; kecerdasan buatan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional