Pendampingan Pembuatan Pojok Baca untuk Siswa di SD NEGERI 176349 POLLUNG

Hotma Tiolina Siregar, Federika Lianda Sianturi, Juwita Charina

Abstract


Proses belajar dan pembelajaran akan menjadi input dengan tujuan agar menghasilkan output yang diharapkan. Penerapan High Order Thinking Skill harus menggiring siswa untuk dapat berpikir logis, kreatif, komunikatif yang dibutuhkan diabad 21. Tujuan pendampingan pembuatan pojok baca di SD  NEGERI 176349 POLLUNG adalah untuk menumbuhkan minat baca siswa di SD  NEGERI 176349 POLLUNG. Dengan adanya pojok baca, diharapkan siswa dapat merasakan kegembiraan dan keasyikan dalam membaca, sehingga mereka menjadi lebih antusias untuk menggali pengetahuan dari berbagai buku. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif untuk mendapatkan hasil yang mendalam mengenai Pendampingan Pembuatan Pojok Baca untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SD  NEGERI 176349 POLLUNG. Permasalahan rendahnya tingkat literasi di SD  NEGERI 176349 POLLUNG dapat diatasi dengan cara peningkatan kemampuan membaca. Peran guru, pihak sekolah dalam mendukung minat dan literasi baca disekolah merupakan kontribusi besar untuk meningkatkan keberhasilan literasi baca  siswa. Sekolah sangat berperan dalam menciptakan suasana belajar dan menyiapkan kebutuhan belajar siswa dengan fasilitas yang lengkap.


Keywords


Pendampinga_Pembuatan_Pojok Baca

Full Text:

PDF

References


H. Aswat, N. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Daya baca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 70

Ujang Jamaludin, R. A. (2023). Peran Pojok Baca Dalam Meningkatkan Literasi Membaca. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri.

Moh Adib Rofi`uddin, H. (2017). Pengaruh Pojok Baca Terhadap Peningkatan Minat Baca . UNDIP.

Rumakway, S. M. (2022). Peranan Pojok Baca alam Meningkatkan Literasi Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9286-9294

Indriani, A. P. (2022). Pembentukan Pojok Baca Sebagai Upaya Pengaplikasian Kegiatan Gerakan. Jurnal Abmas, 37- 43

Sugiarti dkk. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) Pendampingan Pembuatan Pojok Baca untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa pada Materi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Di Kelas V SDN 02 Riang Bandung. Vol. 4 No 4, 2023 |pp: 4146-4145 | http://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i4. 1989

Chairunnisa Amelia (2020).IHSAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat. PKM Pojok Baca Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di UPT Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 2 (Oktober 2020). Online ISSN: 2685-9882

Nurlina Ariani Hrp.dkk.Literasi Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. Pendampingan dan Penyuluhan Pembuatan Pojok Baca untuk Mendukung Literasi Baca-Tulis di SD Negeri 117509 Poldung. e-ISSN 2775-3301

Hidayatulloh, P., Solihatul, A., Setyo, E., Fanantya, R. H., Arum, S. M., & Istiqomah, R. T. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca diSD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. BULETIN Literasi Budaya Sekolah 6 10Ibda, H. (2019). "Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Baru di Perguruan

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan Aplikasi Literasi Baru di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Semarang: CV. Pilar Nusantara.Tinggi dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jalabahasa , 48-64.6-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional