TRAINING KETERAMPILAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MIND MAPPING UNTUK GURU DI SDN NO. 105308 NAMO BINTANG

RUPINA MAGDALENA BR TARIGAN, Rita Herlina Br PA, Suriyani Simanullang

Abstract


Pembahasan dalam kegiatan ini adalah tentang bagaimana media internet dapat membantu guru dalam merancang strategi, teknik, ataupun metode pembelajaran yang menarik. Kegiatan ini secara umum membahas tentang Penerapan Mind mapping yang merupakan teknik paling baik dalam membantu proses berpikir otak secara teratur karena menggunakan teknik grafis yang berasal dari pemikiran manusia yang bermanfaat untuk menyediakan kunci-kunci universal sehingga membuka potensi otak. Mind mapping sebagai cara kreatif dan solusi terbaik bagi seseorang yang ingin menyusun beragam informasi agar lebih mudah dipahami. Ia juga Mempertajam daya analisa dan logika karena tidak lagi dituntut mencatat buku sampai habis kemudian menghafalnya. Selain itu Mind mapping juga Merangsang sisi kreatif seseorang lewat penggunaan garis lengkung, warna dan gambar. Mampu meningkatkan kemampuan seseorang dalam berimajinasi, mengingat, berkonsentrasi, membuat catatan, meningkatkan minat sekaligus mampu menyelesaikan persoalan. Mind mapping juga akan membuat seseorang terbiasa mencatat dan menyusun sejumlah informasi penting dari suatu konsep atau ide utama yang ia pelajari. Dengan adanya mind mapping yang didukung visualisasi, maka setiap langkah di dalamnya jauh lebih mudah dimengerti. Guru akan lebih mudah mengkontrol pembelajaran agar seragam dan sesuai dengan pemahaman masing-masing siswanya. Ketahui tujuan dan tugas yang ada di dalamnya untuk mengatur waktu bekerja dengan baik agar semakin produktif. Mengapa mind mapping dapat membantu meningkatkan kreativitas? Alasan utamanya adalah ketika Anda membuat peta bercabang, maka perlu visualisasi menarik agar mudah dimengerti. Anda dapat menambahkan gambar, simbol, dan warna yang menarik. Proses pembuatan ini mampu merangsang kerja otak bagian kanan. Itulah mengapa mind mapping dapat meningkatkan kreativitas. Fungsi terakhir dari mind mapping adalah meningkatkan pemahaman. Ketika mind mapping mampu membantu proses pembelajaran, maka Anda bisa memahami informasi yang terdapat di dalamnya dengan lebih baik lagi

Keywords


Mind Mapping, Learning Techniques

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran (Di Sekolah Dasar). Jakarta: Prenada Media Group

Daryanto H. 2014. Evaluasi Pendidkan (Di Sekolah Dasar). Jakarta: P.T Rineka Cipta

Gegne. 2015. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional