PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DI TK AL IHSAN MEDAN

Alfina Gustiany Siregar, Frida Dian Handini, Friscilla Sembiring

Abstract


Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang menjadi bahasa wajib untuk diperlajari di sekolah. Agar siswa tidak merasa bosan ketika mempelajari bahasa Inggris, maka guru dituntut untuk melakukan pembelajaran yang kreatif. Salah satunya menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat yang berfungsi untuk menyampai informasi pelajaran kepada peserta didik dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Salah satu media pembelajaran ialah menggunakan media Flash Card. Flash Card ialah salah satu media pembelajaran berbasis visual yang berbentuk gambar,teks, tanda atau simbol dalam kartu yang ukurannya bisa disesuaikan dengan besar kecilnya kelas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan Flash Card dan cara penggunaannya untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris. Kegiatan inti yaitu eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Target luaran yang dicapai ialah siswa memahami tentang flash cards, mampu menerapkan permainan flash card di dalam ruang kelas dan dapat membuat hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan pengamatan selama kegiatan, pembelajaran kosa kata bahasa Inggris menggunakan media flash card memberikan dampak yang positif yaitu siswa merasa antusias ketika melihat flash card yang diberikan dan mengalami peningkatan pemahaman kosa kata bahasa Inggris. Dengan demikian pengabdian masyarakat di TK AL-IHSAN Medan berjalan dengan baik dan lancar.


Keywords


Media Pembelajaran, Flash Card, Kosa Kata Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI AR-Rochman Semarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4 (1): 10–19.

Inggrida, P. (2015). Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 di Kelompok A TK Islam Insan Al-Firdaus. 1-7.

Kasihani K.E. & Suyanto. (2015). English for Young Learners: Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik, dan Menarik. Jakarta : Bumi Aksara.

Safitri, R. W. (2018). Pengembangan media flashcard tematik berbasis permainan tradisional untuk kelas IV sub tema lingkungan tempat tinggalku. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1).

Susilana, R. & Riyana, C. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional