SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIAPEMBELAJARAN POP UP BOOK PADA BIDANG STUDI IPA KELAS III DI UPT SD NEGERI 068003 KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN T.A 2021-2022

Hotma Tiolina Siregar, Juniko Esra Tarigan, Septi Yulina, Eni Selviana Br Kaban, Dessy Br Ginting, Herlina Br Purba, Rosalinda Rosalinda

Abstract


Pembahasan dalam kegiatan ini adalah tentang bagaimana media Pop Up Book dapat membantu guru dalam merancang strategi, teknik, ataupun metode pembelajaran yang menarik. Kegiatan ini secara umum membahas tentang Penerapan media Pop Up Book yang merupakan media pembelajaran paling baik dalam membantu proses belajar mengajar. Pop Up Book sebagai media kreatif dan solusi terbaik bagi seseorang guru yang ingin membuat media agar lebih mudah dipahami. Ia juga Mempertajam daya analisa dan logika karena tidak lagi dituntut mencatat buku sampai habis kemudian menghafalnya. Selain itu media Pop Up Book  juga Merangsang sisi kreatif seseorang lewat penggunaan garis lengkung, warna dan gambar. Mampu meningkatkan kemampuan seseorang dalam berimajinasi, mengingat, berkonsentrasi, membuat catatan, meningkatkan minat sekaligus mampu menyelesaikan persoalan. Dengan adanya media Pop Up Book, maka setiap materi di dalam pembelajaran jauh lebih mudah dimengerti. Guru akan lebih mudah mengkontrol pembelajaran agar seragam dan sesuai dengan pemahaman masing-masing siswanya. Ketahui tujuan dan tugas yang ada di dalamnya untuk mengatur waktu bekerja dengan baik agar semakin produktif. Mengapa media Pop Up Book dapat membantu pemahaman siswa? Alasan utamanya adalah ketika Anda menggunakan media Pop Up Book, maka proses belajar mengajar menjadi lebih aktif, menarik dan mudah dimengerti.

Keywords


Pop Up Book, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


dan strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widiya.

Daryanto dan Syaiful Karim. 2017. Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/236

Karwono dan Heni Mularsih. 2017. Belajar dan Pemblajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Ngalimun.2017. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presssindo.

Octavia, shiphy A. 2020. Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Samidi, Istarani. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika. Medan: Larispa.

Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Siti, dkk. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbud.

Slameto. 2015. Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka cipta.

Suardi dan syofrianisda. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Dua Satria Offset.

Sudjana. 2016. Metoda Statistika.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya offsed.

Trianto. 2018. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widi Asih Wisudawati, Eka. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional