Kegiatan Pelatihan Menulis Siswa SMP Se Kota Medan

Gemala Widiyarti, Eva anggraeni, Lisvy Rifani Br Tarigan, Alya Andini, Intan Sari Barus, Sri Suci Ramadani

Abstract


Menulis merupakan kegiatan menuangkan gagasan, pikiran dan pengalaman si penulis. Secara baku, menulis dapat pula diartikan sebagai upaya mendeskripsikan lambang, simbol, atau aksara yang disusun secara sistematis dan memuat pesan lewat tata bahasa. Menulis merupakan kegiatan kebahasaan yang memegang peran penting dalam dinamika peradaban manusia. Dengan menulis orang dapat melakukan komunikasi, mengemukakan gagasan baik dari dalam maupun luar dirinya, dan mampu memperkaya pengalamannya. Melalui kegiatan menulis pula orang dapat mengambil manfaat bagi perkembangan dirinya. Kegiatan menulis itu sendiri memang tidak semudah seperti yang dibayangkan. Seseorang sering kali mengalami keinginan untuk menulis, tetapi tidak sanggup melakukannya. Seseorang mengalami gangguan keterlambatan dalam mengekspresikan pikiran atau gagasannya melalui bahasa yang baik dan benar, sehingga orang tersebut mengalami kesulitan dalam menulis.

Kegiatan ini bertujuan umtuk melatih siswa dalam menulis dan mengembangjkan bakat lewat tulisan yang akan dibukukan nantinya. Siswa yang menjadi sasaran adalah siswa sekolah menengah  pertama yang ada di Kota Medan, Diharapkan nantinya akan hadir para penulis-penulis handal dari sekolah yang dapat menyumbangkan karyanya lewat tulisan.

Kata kunci : Pelatihan Menulis, Siswa SMP

 


Keywords


Pelatihan Menulis, siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Asep Hermawan, 2004. Kiat Praktis Menulis Skripsi, Tesis dan Disertasi . Ghalia Indonesia Jakarta,

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogjakarta: BPFE


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional