SOSIALISASI DAMPAK MENONTON TELEVISI PADA SISWA DI MIS AL KHAIRAT DELI TUA

Rinci Simbolon, siti Zahara, Anggi Perbina Br PA

Abstract


Seiring kemajuan teknologi, media massa tahun terakhir ini banyak mendapat perhatian dari berbagai pihak. Media massa dapat diklasifikasikan ke dalam tiga jenis,yaitu media cetak,media elektronik, dan media baru atau media digital.Salah satu media massa yang mempunyai daya tarik yang kuat adalah televisi. Televisi selain mempunyai unsur music dan sound effect, juga memiliki unsur visual berupa gambar. Dan gambar hidup ini mampu menimbulkan pesan mendalam pada penonton. Kehadiran televisi mengantarkan Indonesia memasuki era globalisasi yang memaksa seluruh masyarakat untuk mampu beradaptasi dengannya. Televisi sebagai salah satu media informasi ternyata memberikan nilai yang sangat luar biasa dalam sisi-sisi pergaulan hidup manusia saat ini. Tanpa melihat status dan golongan, masyarakat akan dihadapkan pada tantangan global dalam membentuk sikap dan perilaku diri, terutama pada anak-anak. Persoalan yang ditakuti oleh masyarakat terutama para orangtua mengenai tayangan yang tidak pantas bagi anak- anakialah anak akan menirukan apa yang dilihat dari tayangan-tayangan yang ditontonnya di televise. Dengan demikian kami selaku pengusul ingin menawarkan sebuah kegiatan sosialisasi dampak positif dan negatif dari kegiatan menonton televisi. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa siswa dan juga membantu peran guru dalam mendidik para siswanya.

Keywords


Sosialisai, Menonton, Televisi

Full Text:

PDF

References


Delly Mustafa. 2021. Dampak Kebiasaan Menonton Televisi Terhadap Perilaku Anak (Deskripsi Murid SD Inpres Antang II Kota Makassar. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 2 (2).

Khairani., Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta : Aswaja

Muhibbinsyah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Noviana, I. 2007. Pola menonton televisi pada anak. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 12(03), 70–85.

Saragih, M. Y. 2018. Jurnal Pengembangan Masyarakat MEDIA MASSA DAN JURNALISME: Kajian Pemaknaan Antara Media Massa Cetak dan Jurnalistik. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 81– 92

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional