PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DI BEBERAPA SEKOLAH KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN

Mega Sonata Parhusip, Marlina Simamora, Meysi Grace Saragih, Friska Andriani Situmorang, Putera Erianto Saragih

Abstract


Beberapa tahun terakhir, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pesatnya perkembangan TIK menjadikan internet sebagai alat komunikasi utama yang sangat diminati oleh masyarakat. Hal inilah yang melatar belakangi perubahan teknologi komunikasi dari konvensional menjadi modern dan serba digital. Perkembangan penggunaan media internet sebagai sarana komunikasi ini pun menjadi semakin pesat setelah internet mulai dapat diakses melalui telephone seluler dan bahkan kemudian muncul istilah telepon cerdas (smartphone). Dengan hadirnya Smartphone, fasilitas yang disediakan dalam berkomunikasi pun semakin beraneka macam, mulai dari sms, mms, chatting, email, browsing serta fasilitas sosial media. Menurut Nasrullah (2015) media sosial adalah medium di internet yang memungkinkan pengguna merepresentasikan dirinya maupun berinteraksi, bekerja sama, berbagi, berkomunikasi dengan pengguna lain membentuk ikatan sosial secara virtual. Dalam media sosial, tiga bentuk yang merujuk pada makna bersosial adalah pengenalan (cognition), komunikasi (communicate) dan kerjasama (cooperation) Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual. Dalam dunia pendidikan media sosial pun ikut berperan penting dalam peningkatan kualitas pelajar. Menggunakan media sosial agar dapat memicu kualitas pelajar adalah memanfaatkan segala kemudahan berkomunikasi dan berbagi informasi yang dimiliki media tersebut untuk proses pendidikan atau pembelajaran. Lebih efektif, efesien, dan percepatan informasi secara menyeluruh. Beberapa media sosial yang dapat berperan dalam dunia pendidikan yang mampu memicu kualitas pelajar, diantaranya adalah Facebook, Twitter, Blog, dan Youtube. Kualitas pelajar bisa menjadi lebih baik saat memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin, dengan cara meminimalisir dampak negatifnya. Facebook dan Twitter adalah jejaring sosial yang banyak digunakan oleh para pelajar, sistem pertemanan dan pertukaran informasi yang sangat mudah dilakukan di situs inilah yang menyebabkan banyaknya pelajar yang memiliki akun tersebut.

Keywords


Media Sosial, Komunikasi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Nasrullah, Rulli. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi, Simbiosa Rekatama Media:

Bandung 20215 Cahyono, Anang Sugeng, “Pengaruh MediaSosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat

DiIndonesia”, http://jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/view/79. Maharani, Ika, “Proposal

Pengaruh Media Sosial Terhadap Siswa” (2),

https://www.academia.edu/34880230/PROPOSAL_PENGARUH_MEDIA_SOSIAL_T

ERHADAP_SISWA_2_?auto=download Effendy, Onong Uchyjana. 2009. Komunikasi;Teori dan Praktek.

Bandung:Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional