PENGARUH MODEL INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA

Novi Tari Simbolon, Ratna Wahyuni, Geby Debora Damanik

Abstract


Matematika sebagai salah satu ilmu dasar, dewasa ini telah berkembang pesat baik materi maupun kegunaannya. Matematika melambangkan kemampuan pemecahan masalah dengan menggambarkan bilangan-bilangan dan simbol-simbol serta ketajaman penalaran yang dapat memberi kejelasan dan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu tujuan pembelajaran matematika mengharapkan siswa memiliki kemampuan pemahaman matematika yang baik sehingga siswa mampu untuk mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipahaminya. Pemahaman konsep ini sangat penting karena akan sangat berguna untuk penguasaan materi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan terhadap proses pembelajaran matematika di universitas quality, menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika masih cenderung berpusat kepada dosen. Saat pembelajaran berlangsung dosen aktif memberikan penjelasan didepan kelas sedangkan siswa hanya mendengarkan, mencatat, dan mengerjakan latihan soal. Dalam pembelajaran matematika yang berlangsung bahan ajar yang dibebankan kepada dosen untuk disampaikan kepada siswa sangat banyak. Dosen cenderung memilih metode pembelajaran yang lebih menekankan bagaimana menyelesaikan beban kurikulum tepat waktu dari pada menerapkan metode pembelajaran yang mengajak siswanya untuk mengembangkan kemampuan diri dalam pembelajaran, Akibatnya adanya kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematis mahasiwa yang diajarkan dosen.

Keywords


Model Inquiri; pemecahan masalah ; pemahaman konsep matematis .

Full Text:

PDF

References


Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468

Annajmi. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Rambah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasir Pengaraian.

Arifuddin, A., Alfiani, D. A., & Hidayati, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: 5(2), 261–274. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3374.

Dwi Putra, H., Fathia Thahiram, N., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90. http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm.

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., & Haryati, L. F. (2022). Analisis efektivitas model pembelajaran blended learning ditinjau dari hasil belajar geometri mahasiswa guru sekolah dasar. Elementary Education,, Renjana Pendidikan Dasar-Vol. 3No. 3Agustus202318305(01), 43–52.

Hamzah dan Mohamad. (2013). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT BumiAksara. Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. (2013). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika.

Jakarta:Raja Grafindo Persada. Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nurmayani, L., Doyan, A., & Sedijani, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 2–7. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113

Rusman, (2013). Model-model pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada Jakarta. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :Rineka Cipta. Suharsimi Arikunto. (2011). Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional