PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI

Elisabeth Ruthana Lasmaria, Zenni Putri Rotua Br. Ginting

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemampuan menyimak dan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak Kelas VI A dan VI B di SD Negeri 040447 Kabanjahe antara lain kemampuan menyimak dan kosakata bahasa Inggris anak masih rendah, siswa kurang antusias dalam pembelajaran bahasa Inggris, guru masih menggunakan metode konvensional/ceramah, dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini temasuk penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen non equivalent pre test-post test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI A dan VI B di SD Negeri 040447 Kabanjahe. Sampel penelitian berjumlah 36 anak dimana 18 anak sebagai kelompok eksperimen dan 18 anak sebagai kelompok control. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pengaruh metode Total Physical Response terhadap kemampuan menyimak anak menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan. 2) pengaruh metode Total Physical Response terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan. 3) pengaruh metode Total Physical Response berbantuan media flash card terhadap kemampuan menyimak anak menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan. 4) pengaruh metode Total Physical Response berbantuan media flash card terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan. Keberhasilan tersebut dikarenakan pemberian stimulasi pengenalan kosakata bahasa Inggris melalui penggunaan media flash card menghasilkan respon dari anak berupa anak dapat melafalkan kata, meyimak kata, mengenal tulisan kata dan memahami arti kata. Luaran dari penelitian ini adalah sebuah inventori/acuan tentang kemampuan siswa dalam menyimak dan penguasaan kosa kata bahasa inggris pada anak usia dini, disamping itu hasil dari penelitian ini akan didesiminasikan kepada pihak publikasi jurnal ilmiah nasional terakreditasi Jurnal Curere.


Keywords


Total Physical Response, Flash Card, Kemampuan Menyimak, Kosakata Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Puspita, R., & Ernalis. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Strategi Bermain Aktif. Antologi PGPAUD. 1(3): 1- 7.

Rahmat, A., & Ertiwi, M. 2016. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Di Kota Selatan Gorontalo. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. 5(1): 63-72.

Richard, J. C., & Rodgers, T. 2001. Approaches and Methods in Language Teaching. United Kingdom: Cambridge University Press.

Ririn, P., & Esti, K. 2011. Encourage Very Young Learners Of EFL To Learn English Through Total Physical Response (TPR) Method. Prosiding. Revitalizing the Practice of Teaching English to Young Learners in Indonesia (TEYLIN). Universitas Muria Kudus (UMK). 19 juli 2011. 222- 231.

Riyana, D. 2011. Teaching Learners To Learn Recommended Techniques To English-Self Learning: Total Physical Response Activities For Teaching Listening Young Learners. Prosiding.

Rusefrinaria. 2012. Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Melalui Permainan Tebak Suara Dengan Kartu Gambar Binatang Di Paud Palapa I Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.

Santrock. 2010. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional