PENGARUH PEMBERIAN SOAL BERBASIS HOTS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS DESKRIPSI DI KELAS V SD TAHUN AJARAN 2023/2024

Pandapotan Tambunan, Eduard Eduard, Heryanto Heryanto, Mariana Naibaho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan soal berbasis HOTS terhadap kemampuan siswa menulis deskripsi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 064025 Jl. Flamboyan Raya Medan T.A. 2023/2024 pada 16–18 Januari 2024. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas eksperimen berjumlah 25 orang dan kelas kontrol berjumlah 24 orang. Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan tes penugasan sebagai alat penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis deskripsi di kelas eksperimen memperoleh nilai rat-rata 68. Nilai post test setelah dengan pemberian soal berbasis HOTS, nilai rata-rata siswa kelas eksperimen menjadi 75,29. Kemampuan menulis siswa di kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 66,18 setelah dilakukan post test dengan memberikan soal LOTS mendapat nilai rata-rata 69,78. Berdasarkan hasil uji signifikansi diketahi bahwa ada pengaruh penggunaan soal berbasis HOTS terhadap kemampuan siswa menulis deskripsi di kelas V SD Negeri 064025 Jl. Flamboyan Raya Medan T.A. 2023/2024.


Keywords


Kemampuan Menulis, Soal Berbasis HOTS

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ridwan, 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS. Tangerang: Tira Smart

Asep & Abdul, 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Besse Qur’ani. 2023. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: CV Tahta Media Group.

Dzikra Surya Purwana, 2022. Pendidikan Indonesia Dilihat dari Kacamata PISA dan TIMSS, Kompasiana :Beyond Blogging

El Khuluqo, Ihsana. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Pusaka Pelajar

Febrina Dafit, Siti Quratul Ain, Leny Julia Lingga. 2023. Belajar dan Pembelajaran dI SD. Purbalingga, Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.

Haryati, 2017. Peningkatan Motivasi Dan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Pendekatan Proses Siswa.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i1.1216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional