PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI SAINS TEMA LISTRIK DI SEKOLAH DASAR
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes literasi sains dengan tema listrik untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Studi ini dilakukan di SD Swasta Cipta Nusa Bakti pada tahun ajaran 2023/2024. Pada tahap Analisis, informasi relevan dikumpulkan, termasuk referensi tentang soal berbasis Higher-Order Thinking Skills (HOTS), analisis kompetensi inti, analisis kompetensi dasar, dan penetapan indikator literasi sains terkait topik kelistrikan. Tahap Perancangan melibatkan pembuatan kisi-kisi tes dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang diperlukan untuk literasi sains. Pada tahap Pengembangan, instrumen tes dibuat sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan. Validitas instrumen diuji terlebih dahulu, mencakup validitas isi, validitas butir soal, tingkat kesulitan, dan daya beda. Pada tahap Implementasi, instrumen tes diuji cobakan kepada 20 siswa SD Swasta Cipta Nusa Bakti. Tahap Evaluasi dilakukan dengan menilai kesesuaian dan ketepatan tahap analisis, desain, pengembangan, dan implementasi, serta menghitung validitas dan reliabilitas instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 15 dari 30 soal yang dikembangkan dinyatakan valid.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Adawiyah, R., & Wisudawati, A. W. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains : Menilai Pemahaman Fenomena Ilmiah Mengenai Energi. Indonesian Journal of Curriculum, 5(2), 112–121
De Boer GE. 2000. Scientific Literacy: Another look at its historical and contemporary meanings and its relationship to science education reform. Journal of Research in Science Teaching, 37, 582-601
Fatmawati, T., & Pertiwi. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Omega : Jurnal Pendidikan dan Sains Fisika, 3(1), 95 – 102
Mardhiyyah, L. A., Rusilowati, A., Linuwih, S., (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Tema Energi. Journal of Primary Education. 5(2), 147 - 154
OECD. 2009. PISA 2009 Assesment Framework:Key Competencies in Reading, Mathematic and Science. OECD: Paris
Pantas, H., & Surbakti, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Curere, 4(1), 33-42.
Putri, R, K. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Siswa Pada Topik Keanekaragaman Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 4(1), 71 – 78
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP pada Materi Kalor. EDUSAINS. 8(1),66-73
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i2.1451
Refbacks
##submission.license.cc.by4.footer##