PERSPEKTIF MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN PENDIDIKAN JASMANI DI PROGRAM STUDI PGSD UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI

Julius Boy Nesra Basgimata Barus, Janwar Frihasan Sinuraya, Ketrin Russel Br Tarigan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif mahasiswa terhadap perkuliahan pendidikan jasmani di Program Studi PGSD Universitas Quality Berastagi. Penelitian survei dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang terdaftar pada Program Studi PGSD Universitas Berastagi Kualitas pada tahun 2021. Besar sampel adalah 50 mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Kualitas Berastagi. Penelitian ini merupakan model survei kuantitatif dengan menggunakan metodologi deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini berupa angket, dengan responden sebanyak 50 mahasiswa. Data yang terkumpul ditampilkan dalam bentuk grafik dan dievaluasi menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Mahasiswa diminta menilai kinerja dosen dalam lima komponen penilaian: kehadiran, kesiapan, penguasaan materi, penyampaian materi, serta evaluasi dan penilaian perkuliahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa aspek yang dikemukakan dapat ditarik hasil secara umum bahwa persentase pada rata-rata pada setiap aspek yaitu kriteria sangat baik 43.62%, kriteria baik sebesar 47.70%, kriteria cukup sebesar 6.12%, kriteria kurang sebesar 1.53%, dan kriteria tidak baik sebesar 1.02%. Namun, kita dapat cermati bahwa secara umum persepsi mahasiswa dalam menilai dosen adalah pada tingkat baik sebesar 47.70%.


Keywords


erspektif Mahasiswa, Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1). Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V4i1.1866

Alam, Y. (2018). Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika Amik Bina Sriwijaya Palembang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 16(1). Https://Doi.Org/10.29259/Jmbs.V16i1.6244

Awe, E. Y. (2017). Kontribusi Sarana Prasarana, Pelayanan Administrasi Akademik, Dan Kinerja Dosen Dengan Kepuasan Mahasiswa Dalam Layanan Akademik (Studi Tentang Persepsi Mahasiswa Stkip Citra Bakti). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1).

B.Manalu, R. B., & Nainggolan, A. P. (2020). Motivasi Siswa Kelas Xi Ipa 1 Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Online Di Sma Angkasa 1 Lanud Soewondo. 7(2), 112–125. Retrieved From Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Penjakora/Article/View/27369

Barus, J. B. N., & Sinuraya, J. F. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma Negeri 1 Simpang Empat. Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (Jehss), 4(1). Https://Doi.Org/10.34007/Jehss.V4i1.691

Boy, J., Basgimata, N., Janwar, B., & Sinuraya, F. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Berastagi. Julius Boy Nesra Basgimata Barus1) Janwar Frihasan Sinuraya, 5(1).

H, H., & Riady, A. (2018). Survey Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di Smp/ Mts Swasta Kabupaten Pangkep. Sportive: Journal Of Physical Education, Sport And Recreation, 1(2). Https://Doi.Org/10.26858/Sportive.V1i2.5624

Mashuri, H., & Pratama, B. A. (2019). Peran Permainan Tradisional Dalam Pendidikan Jasmani Untuk Penguatan Karakter Peserta Didik. Proceedings Of The National Seminar On Women’s Gait In Sports Towards A Healthy Lifestyle, (April).

Mulyana, N. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Aktivitas Perkuliahan Atletik Melalui Implementasi Paikem. Juara, 2(1). Https://Doi.Org/10.33222/Juara.V2i1.7

Nugroho, U. (2015). Hubungan Perepsi, Sikap Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 4(1).

Pandu Eka Prasetya, R. (2019). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma Negeri Se-Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(2).

Parwata, I. M. Y. (2021). Pembelajaran Gerak Dalam Pendidikan Jasmani Dari Perspektif Merdeka Belajar. Indonesian Journal Of Educational Development, 2(2).

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal Of Child And Gender Studies, 4(1). Https://Doi.Org/10.22373/Equality.V4i1.4480

Syukriadi, A., & Rozi, F. (2021). Perspektif Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Pendidikan Jasmani Di Iain Salatiga. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1). Https://Doi.Org/10.31602/Rjpo.V4i1.4353

Victorian, A. R., Aryanti, S., Yusfi, H., Solahuddin, S., & Bayu, W. I. (2021). Perspektif Calon Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Jossae : Journal Of Sport Science And Education, 6(1). Https://Doi.Org/10.26740/Jossae.V6n1.P94-106

Yulianingsih, I., & Parlindungan, D. P. (2020). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Olahraga Terhadap Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v6i2.793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional