PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FKIP BAHASA INGGRIS UQB

Elisabeth Ruthana Lasmaria, Yessica E Sinabariba

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar Bahasa Inggris Mahasiswa di semester dua masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar Bahasa Inggris Mahasiswa UQB.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk Quasi Experimental Design Type Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan media audio visual, sedangkan kelompok kontrol melaksanakan pembelajaran seperti biasa dengan menggunakan metode ceramah dan media buku cetak . Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media audio visual, dan variabel terikat yaitu hasil belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa dan sampel yaitu semester dua. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar Bahasa Inggris dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar mahasiswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 82,25 lebih tinggi daripada rata-rata kelompok kontrol sebesar 68,25. Hasil analisis data menunjukan nilai thitung 3,701 > ttabel 1,729. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil Posttest kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual pembelajaran dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan buku cetak. Hal ini dapat dimaknai bahwa pembelajaran yang menggunakan media audio visual memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media audio visual.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Audio Visual dan Hasil Belajar


Keywords


Media Pembelajaran, Audio Visual, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdulhak, Ishak dan Darmawan, Deni. 2017. Teknologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Akmaliah, Siti. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X MA Attaqwa

http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24821/1/Siti%20 Akmaliah.pdf (diakses tanggal 28 Desember 2018)

Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Afabeta.

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Atoel. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Belajar. Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Brown, H-Douglas. 2000. Principle of Language Learning and Teaching.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v6i2.832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional