KORELASI KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP

Eduard Eduard, Heryanto Heryanto, Datten Datten, Krista Surbakti

Abstract


Masalah dalam penelitian adalah hasil belajar siswa belum maksimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar, prestasi belajar, kontribusi kemandirian belajar terhadap hasil belajar, dan korelasi kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Cerdas Bangsa Namorambe Tahun Ajaran 2021/2022, dengan sampel 38 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan penelitian korelasional, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan statistik t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh; (1) kemandirian belajar siswa berkriteria cukup, (2) hasil belajar siswa berkriteria cukup, (3) kemandirian belajar memberikan kontribusi 34,81% terhadap hasil belajar, (4) terdapat korelasi yang signifikan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Cerdas Bangsa Tahun Ajaran 2021/2022.


Keywords


Learning independence, Learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Alfian Hidayat, M., A., dan Sutirna. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2486

Arikunto Suharsimi .2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Akara.

Asep Jihad dan Abdul Haris .2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Babari .2002. Pengertian Kemandirian Belajar. Diunduh di http://www.jejakpendidikan.com/2017/03/pengertian-kemandirian-belajar.html

Hoelstein, Herman .1984. Murid Belajar Mandiri. Bandung: Remadja Karya

Majid .2014. Ciri-Ciri Kemandirian Belajar. Diunduh di https://educhannel.id/blog/artikel/kemandirian-belajar.html

Purwanto .2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sanita, N., Elisa, Susanna.(2021). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Syamtalira Bayu. Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora. 9(6): 857 – 864. https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/ view/3086/2383

Siti Julaecha, Abdul Baist. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Smk Kelas XII Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Analisa. 5(2): 103-108. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/4752

Slameto .2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana .2017. Metode Stastika. Bandung: PT Tarsido.

Sudjana Nana, 2013. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI RUMAH. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159-170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63

Suprijono Agus. 2015 Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yanti yang dikutif Gusnita, Melisa, & Delyana. H.. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPSq). Jurnal BSIS. 3(2): 286-296.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v6i2.946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional