Variasi Tiga Metode Pendeteksian Kerusakan Sistem Electronic Fuel Injection pada Sepeda Motor
Abstract
Perkembangan pendeteksian kerusakan pada sistem Electronic Fuel Injection (EFI) sudah sangat maju dengan metode yang serba praktis dan mudah. Namun, masih banyak bengkel yang belum bisa memperbaiki sepeda motor dengan teknologi EFI karena membutuhkan scanner khusus dari pabrikan untuk mendeteksi kerusakan-kerusakan dalam sistem kontrol elektronik baik itu sensor, ECU (Electronic Control Unit), atau aktuator. Hal ini masih menjadi kendala utama karena tidak setiap bengkel non-resmi memiliki alat tersebut karena harganya mahal dan setiap tipe atau merk sepeda motor memiliki scanner (EFI Diagnostic Tool) yang berbeda-beda sehingga bengkel harus menyediakan berbagai macam scanner untuk mengakomodir semua tipe dan merk sepeda motor. Padahal ada metode lain yang dapat digunakan selain dengan scanner tersebut. Metode pemeriksaan kerusakan pada sistem EFI sepeda motor bisa dilakukan dengan tiga metode yaitu metode MIL (Malfunction Indicator Lamp), EFI Diagnostic Tool, dan Manual (dengan multitester). Dengan memilih salah satu diantara tiga metode tersebut dapat untuk mendeteksi kerusakan yang ada pada sistem EFI. Metode yang tidak membutuhkan scanner dapat dilakukan adalah metode MIL dan Manual. Metode MIL dapat dilakukan dengan melihat lampu MIL yang berkedip dan memperhatikan kode kedipan yang muncul. Dengan mengetahui kode kedipan maka akan diketahui pula kerusakan yang terjadi melalui buku manual pedoman reparasi (terdapat tabel kode kedipan dan analisis kerusakan yang terjadi). Metode Manual atau dengan multitester dapat juga dilakukan pemeriksaan satu-persatu pada setiap sensor dan aktuator yang ada pada sistem EFI, dapat diketahui hasilnya apakah masih dalam batas rentang spesifikasi atau tidak dengan membandingkan dengan standar yang ada dalam buku manual pedoman reparasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrikhudin, D., Sumarli, S., & Mindarta, E. K. (2021). Pengaruh Perbedaan Tekanan Bahan Bakar Terhadap Daya Dan Efisiensi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Automatic 110 Cc Fuel Injection. Jurnal Teknik Otomotif : Kajian Keilmuan Dan Pengajaran, 5(2), 19. https://doi.org/10.17977/um074v5i22021p19-24
Amir, A., & Rosyidin, A. (2019). Analisis Pengkonsumsian Bahan Bakar Sistem Sfi (Sequential Multi Port Fuel Injection) Pada Mesin Tiga Silinder 1000 Cc. Jurnal Teknik, 8(2). https://doi.org/10.31000/jt.v8i2.1506
Anugrah, R. A. (2021). Analisis Troubleshooting Engine Sepeda Motor Yamaha Vixion. Nozzle : Journal Mechanical Engineering (NJME), 10(2), 49–54.
Anugrah, R. A. (2022a). Analysis of CVT (continuously variable transmission) and the influence of variations on the motorcycle. Jurnal Penelitian Saintek, 2(27), 69–80. https://doi.org/10.21831/jps.v2i27.53582
Anugrah, R. A. (2022b). Troubleshooting Analysis of CVT (Continuously Variable Transmission) System on Honda Beat Motorcycles. MOTIVECTION : Journal of Mechanical, Electrical and Industrial Engineering, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.46574/motivection.v4i1.98
Anugrah, R. A., & Majid, A. I. (2021). The effects of camshaft modification on engine performance in automatic transmission motorcycle. AIP Conference Proceedings, 2403(December), 1–7. https://doi.org/10.1063/5.0070874
Anugrah, R. A., & Nugraha, F. B. A. (2021). Analisis Sistem Kelistrikan Body pada Sepeda Motor Matik Yamaha Mio. Journal of Mechanical Engineering, 5(2), 46–54. https://doi.org/10.18196/jqt.v2i2.10693
Fikri, M. M. Al. (2019). Analisa Sistem Kerja Electrical Fuel Injection (EFI) pada Motor Honda CBR 150. Majamecha, 1(1), 36–47. https://doi.org/10.36815/majamecha.v1i1.366
Hidayat, R., Putra, D. S., & Basri, I. Y. (2019). Rancang bangun alat uji injektor berbasis mikrokontroler. Journal of Mechanical Electrical and Industrial Engineering, 35–44.
Irawan, A., Tyagita, D. A., & Jember, P. N. (2017). Rekayasa Teknologi Sistem Pengkabutan Bahan Bakar Kendaraan EFI. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 24–27.
Isnaini, M., & Situmorang, S. M. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pencarian Kerusakan Sepeda Motor Sistem Electronic Fuel Ignation (EFI). Jurnal Teknologi Komputer Dan Sistem Informasi, 1(1), 40–45.
Saputra, B., Sudjadi, S., & Setiyono, B. (2018). Perancangan Prototipe Kontroler Elektronik Air-To-Fuel Ratio Berbasis Proportional-Integral-Derivative Untuk Penghematan. Transient, 7(2), 424–431.
Setiawan, I. C., & Amir. (2015). Analisis Kinerja Sistem Injeksi Sfi (Sequential Multi Port Fuel Injection) Dan Efi (Electronic Fuel Injection) Pada Mesin Tiga Silinder 1000 CC. Teknobiz: Jurnal Ilmiah Program Studi …, 5(1), 54–61.
Sugiarto, T., Putra, D. S., Purwanto, W., & Wagino, W. (2018). Analisis Perubahan Output Sensor Terhadap Kerja Aktuator pada Sistem EFI (Electronic Fuel Injection). INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.418
Sugiharto, Ismail, N. R., & Farid, A. (2016). Pengaruh Letak Magnet Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Pada Electronic Fuel Injection Pada Sepeda Motor. Widya Teknika, 24(1), 48–52.
Yamaha Motor Co., L. (2007). Buku Petunjuk Service (T. P. S. Division (ed.); Pertama). PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.
Yusup, M. B., Widiantoro, A., & Mahardika, E. (2020). Rancang Bangun Diagnosa Trouble Engine Gasoline Dengan Sistem Fuel Injeksi Menggunakan Arduino Dan Visual Basic. Seminar Nasional Fortei Regional 7, 1–9.
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/ju.v8i1.1346
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JUITECH (Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Quality) indexed by: