ANALISIS BIAYA PADA SISTEM ANTRIAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PADA PT SUMBER MANDIRI

Jupianus Sitepu, Maria Kristina Situmorang, Dyanda Maulana

Abstract


Penelitian ini berjudul Analisis Biaya Pada Sistem Antrian Untuk Meningkatkan Produktivitas Pada PT. Sumber Mandiri.Β  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui elemen-elemen biaya yang terkait dengan sistem antrian. Penelitian ini mengidentifikasi secara umum terdapat dua macam biaya dalam sistem antrian, yaitu biaya terkait dengan penyediaan pelayanan (𝐢𝑠) dan biaya yang timbul karena adanya objek atau pelanggan yang mengantri (πΆπ‘Š). Elemen biaya yang terkait dengan biaya penyediaan pelayanan adalah biaya gaji Karyawan, biaya akuisisi peralatan, biaya perawatan, dan biaya menganggur. Kemudian biaya yang terkait dengan waktu tunggu adalah opportunity cost pelanggan, dan biaya kehilangan pendapatan.

Keywords


Sistem Antrian, Biaya Antrian, Produktivitas

Full Text:

PDF

References


Anderson, M. A., Anderson, E., & Parker, G. (2013). Operation Management For Dummies. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Ariani, D. W. (2017). Buku Materi Pokok Manajemen Operasi (3rd ed.). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Ginting, G. (2022). Buku Materi Pokok Pemasaran Jasa (3rd ed.). Tengerang Selatan: Universitas Terbuka.

Handoko, W. M., & Widjojo, A. R. (2013). Analisis Tingkat pelayanan Optimal Pada Rumah Makan Mie Ayam Mas Yudi JL. Sagan Kidul No 20 Yogyakarta. MODUS, 25(1), 73-89. Retrieved from https://ojs.uajy.ac.id/index.php/modus/article/view/548

Khoirunnisa, G., & Martini, N. (2021). Analisis Sistem Antrian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 12(1), 42-50. Retrieved from https://doi.org/10.36982/jiegmk.v12i1.1519

Meredith, J. R., & Shafer, S. M. (2016). Operations and Supply Chain Management for MBAs (6th ed.). Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.

Rahmana, A., Andesta, D., & Dahda, S. S. (2022). Analisis Simulasi Sistem Antrian Proses Pemuatan Finished Goods Sebagai Upaya Meningkatkan Efisiensi Pelayanan. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), 2(2), 194-203. Retrieved from https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/3324

Slack, N., & Brandon-Jones, A. (2018). Operation and Process Management : Principles and Prantice for strategic impact (5nd ed.). United Kingdom: Pearson Education Limited.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jg.v7i1.1589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Β 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional