PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD NEGERI 060515 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2019/2020.

SITOHANG, HOTNI MARIANI, 1605030379 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD NEGERI 060515 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model make a match dengan model think pair share (TPS) di Kelas V SD Negeri 065015 medan tuntungan tahun ajaran 2019/2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 065015 Medan Tuntungan pada tanggal 12-15 februari 2020. Sebagai subjeknya adalah siswa kelas V A dan kelas V B dengan jumlah siswa dikelas V A ada 26 orang dan kelas V B ada 22 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata- rata tes awal kelas V A adalah 44,96 dan kelas V B adalah 44,00. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas V A dengan menggunakan model make a match dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata-rata 83,07 sedangkan kelas V B dengan menggunakan model think pair share memperoleh rata-rata 71,64. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji independen dua faktor, siswa yang diajar dengan model make a match memperoleh hasil rata-rata 83,07, siswa yang diajar dengan model think pair share memeperoleh hasil ratarata 71,64, kesimpulan dalam penelitian ini adalah model make a match berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Make A Match, Science Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pd-NIDN. 0103118701
Pembimbing IIIrwansyah, M.Pd-NIDN. 0115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 15 Feb 2021 09:25
Last Modified: 15 Feb 2021 09:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1005

Actions (login required)

View Item View Item