ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN EYD (HURUF KAPITAL, HURUF MIRING, DAN HURUF TEBAL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD NEGERI 040506 MUNTE TAHUN AJARAN 2019/2020

GINTING, MONIKA BR, 1605030256 (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN EYD (HURUF KAPITAL, HURUF MIRING, DAN HURUF TEBAL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD NEGERI 040506 MUNTE TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menentukan Huruf Kapital, Huruf Miring dan Huruf Tebal pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 040506 Munte Tahun/ajaran 2019/2020, dan mengetahui penyebab kesulitan-kesulitan siswa dalam menentukan Huruf dan cara mengatasi siswa yang berkesulitan dalam menentukan Huruf Kapital, Huruf Miring dan Huruf Tebal pada pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis data diperoleh kemampuan siswa dalam menentukan Huruf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih berkatagori kurang mampu, karena rata-rata dari siswa kelas V SD Negeri 040506 Munte adalah 42,95 sedangkan di kriteria kemampuan siswa <70 berkatagori kurang mampu. Berdasarkan hasil tes, presentase kesalahanmenentukan Huruf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. siswa paling berkesulitan dalam menentukan huruf yaitu pada huruf tebal dengan frekuensi 29 dan tingkat persentase sebesar 96,67%. Dengan demikian maka penyebab siswa berkesulitan menentukan huruf karena faktor kurang mengerti. Penyebab siswa berkesulitan menentukan huruf adalah ada dua faktor, faktor internal, faktor eksternalnya.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficultness using EYD
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIKrista Surbakti, S.Si., M.Pd-NIDN. 0110078402
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 15 Feb 2021 09:36
Last Modified: 15 Feb 2021 09:36
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1006

Actions (login required)

View Item View Item