ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MENGUBAH PECAHAN BIASA KE PERSEN SISWA KELAS IV SD NEGERI 047166 SUKADAME TAHUN AJARAN 2019/2020

BARUS, SITI ARISKA BR, 1605030250 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MENGUBAH PECAHAN BIASA KE PERSEN SISWA KELAS IV SD NEGERI 047166 SUKADAME TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa, kesulitan belajar, dan faktor penyebab kesulitan belajar matematika materi mengubah pecahan biasa ke persen. Jenis penelitian ini dilakukan adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri 047166 Sukadame. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 047166 Sukadame dan sekaligus sebagai populasi dalam penelitian. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tehnik analisis data adalah persentase dan rata-rata. Berdasarkan analisis data diperoleh (1) hasil belajar siswa mengerjakan materi mengubah pecahan biasa ke persen kelas IV SD Negeri 047166 Sukadame dan diperoleh rata-rata 69,80 termasuk pada kriteria kurang, (2) kesulitan yang dialami siswa, yaitu kesulitan menjawab soal matematika materi mengubah pecahan biasa ke persen, mengubah penyebut menjadi perseratus, mengalikan pembilang dan penyebut, dan menyederhanakan penyebut menjadi perseratus (3) faktor penyebab kesulitan siswa belajar matematika materi mengubah pecahan biasa ke persen adalah siswa kurang berlatih, jarang mengulanginya di rumah dan siswa tidak menghafal perkalian sehingga tidak mengerti bagaimana cara mengubah pecahan biasa ke persen.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty Learning Mathematics
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 519 Applied mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Hartono S, M.Pd-NIP. 195706191990031001
Pembimbing IIMuhammad Daliani, M.Si-NIDN. 0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 16 Feb 2021 02:45
Last Modified: 16 Feb 2021 02:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item View Item