BARUS, SITI ARISKA BR, 1605030250 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MENGUBAH PECAHAN BIASA KE PERSEN SISWA KELAS IV SD NEGERI 047166 SUKADAME TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa, kesulitan belajar, dan faktor penyebab kesulitan belajar matematika materi mengubah pecahan biasa ke persen. Jenis penelitian ini dilakukan adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri 047166 Sukadame. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 047166 Sukadame dan sekaligus sebagai populasi dalam penelitian. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tehnik analisis data adalah persentase dan rata-rata. Berdasarkan analisis data diperoleh (1) hasil belajar siswa mengerjakan materi mengubah pecahan biasa ke persen kelas IV SD Negeri 047166 Sukadame dan diperoleh rata-rata 69,80 termasuk pada kriteria kurang, (2) kesulitan yang dialami siswa, yaitu kesulitan menjawab soal matematika materi mengubah pecahan biasa ke persen, mengubah penyebut menjadi perseratus, mengalikan pembilang dan penyebut, dan menyederhanakan penyebut menjadi perseratus (3) faktor penyebab kesulitan siswa belajar matematika materi mengubah pecahan biasa ke persen adalah siswa kurang berlatih, jarang mengulanginya di rumah dan siswa tidak menghafal perkalian sehingga tidak mengerti bagaimana cara mengubah pecahan biasa ke persen.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Difficulty Learning Mathematics | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 519 Applied mathematics |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2021 02:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Feb 2021 02:45 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1007 |
Actions (login required)
View Item |