ANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMPELAJARI IPA PADA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2019/2020

SIREGAR, RONA ULI, 1605030028 (2020) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMPELAJARI IPA PADA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (598kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (687kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (819kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (646kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dilakukan di SD Negeri 065015 Medan Tuntungan, yang dilakukan pada tanggal 17-18 Juni 2020. Pada tanggal 17 Juni 2020 peneliti membagikan tes kepada siswa melalui WhatsAppyang disampaikan oleh guru wali kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan, dan pada tanggal 18 Juni 2020 peneliti membagikan angket. Alatpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Angket digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa dalam mempelajari IPA pada materi siklus air, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui gambar pemahaman siswa dalam mempelajari IPA pada materi siklus air.Setelah mengelakukan analisis data terhadap hasil penelitian, maka diperoleh gambaran pemahaman siswa pada pembelajaran IPA materi sisklus air di kelas V SD 065015 Medan Tuntungan berkategori rendah dengan rata-rata hasil belajar adalah 69,75. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa pada pembelajaran IPA materi siklus air kelas V SD 065015 Medan Tuntungan adalah: faktor fisikologis, faktor psikologis, faktor lingkungan sosial sekolah, faktor sosial non sekolah dan faktor startegi dan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Understanding, Science Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Dr. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IIRita Herlina Perangin-angin, M.Pd-NIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 17 Feb 2021 09:11
Last Modified: 17 Feb 2021 09:11
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1017

Actions (login required)

View Item View Item