MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNKANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020”

TARIGAN, ROBINTA, 1605030189 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNKANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa dalam Pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di kelas IV SD Negeri 040483 Payung Tahun Ajaran 2019/2020. Lokasi penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 040483 Payung yang berjumlah 25 orang siswa, dan sebagai objek penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan sumber daya alam. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrument yang digunakan berupa tes tertulis yang berupa soal Esay dan lembar observasi. Dari hasil penelitian Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dengan persentae 60% dan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa Siklus I mendapat skor 68, keterangan dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 17 siswa dari 25 siswa dan yang tidak tuntas hasil belajarnya 8 siswa, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 68% dan nilai rata-rata siswa 67,6 Berdasarkan tes Siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 78.1% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 84, dari ketuntasan individu siswa siklus II yang tuntas belajarnya yaitu 22 siswa dari 29 siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 7 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada Siklus II yaitu 88% dan nilai rata-rata siswa 82.1. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa, Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 040483 Payung Tahun Ajaran 2019/2020 sudah tuntas secara klasikal dan mencapai kategori baik dan hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran IPA Pokok bahasan sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 040483 Payung Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, STAD Type Cooperative Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IKrista Surbakti, S.P.,M.Si-NIDN. 0110078402
Pembimbing IIDrs. Wajib Pandia, M.Si-NIP. 196212311991021001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Feb 2021 03:59
Last Modified: 18 Feb 2021 03:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1023

Actions (login required)

View Item View Item