ANALISIS KESULITAN BELAJAR SUMBER ENERGI TERBARUKAN DAN TAK TERBARUKAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN 105316 BERANTI KEC. STM HILIR T.A 2019/2020

NATALIA, SERTI KRISTA, 1605030008 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SUMBER ENERGI TERBARUKAN DAN TAK TERBARUKAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN 105316 BERANTI KEC. STM HILIR T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (450kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (371kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (614kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam belajar materi sumber energi terbarukan dan tak terbarukan pada mata pelajaran IPA dan apa kesulitan kesulitan belajar siswa materi sumber energi terbarukan dan tak terbarukan pada mata pelajaran IPA serta faktor penyebab kesulitan belajar siswa materi sumber energi terbarukan dan tak terbarukan pada mata pelajaran IPA siswa kelas III. Populasi berjumlah 25 siswa dan juga sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil tes pada penelitian diperoleh nilai kemampuan siswa mengerjakan soal Sumber Energi Terbarukan Dan Tak Terbarukan Pada Siswa Kelas III SDN Beranti Kec. STM Hilir T.A 2019/2020 dengan nilai rata-rata 63 masuk dalam kriteria tinggi dengan kesulitan mengerjakan soal nomor 1 dengan persentase kesulitan 64%, mengerjakan soal nomor 2 dengan persentase kesulitan 68%, mengerjakan soal nomor 3 dengan persentase kesulitan 64%, mengerjakan soal nomor 4 dengan persentase kesulitan 60%, dan mengerjakan soal nomor 5 dengan persentase kesulitan 64%. Kesulitan mengerjakan materi Sumber Energi Terbarukan Dan Tak Terbarukan Pada Mata Pelajaran IPA Tahun Ajaran 2019/2020 masuk dalam kategori tinggi. Faktor-faktor penyebab kesulitan siswa mengerjakan materi Sumber Energi Terbarukan Dan Tak Terbarukan Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas III SDN Beranti Kec. STM Hilir Tahun Ajaran 2019/2020 adalah siswa kurang mengerti dengan materi sumber energi terbarukan dan tak terbarukan karena kurang tertarik mempelajarinya dan tidak pernah mengulangi pembelajaran IPA materi energi terbarukan dan tak terbarukan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Renewable and Non-Renewable Energy
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Yason Mendrofa, M.Pd-NIDN. 0102075901
Pembimbing IITina Sheba Cornelia, M.Pd-NIDN. 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Feb 2021 09:11
Last Modified: 18 Feb 2021 09:11
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1025

Actions (login required)

View Item View Item