ANALISIS KESULITAN BELAJAR ENERGI BUNYI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 105316 BERANTI KEC. STM HILIR TAHUN AJARAN 2019/2020

GINTING, ERIKA MIRANDA, 1605030013 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR ENERGI BUNYI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 105316 BERANTI KEC. STM HILIR TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan siswa mempelajari materi energi bunyi pada mata pelajaran IPA serta faktor penyebab kesulitan siswa mempelajari materi energi bunyi pada mata pelajaran IPA kelas IV. Populasi berjumlah 29 siswa dan juga sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil tes pada penelitian diperoleh nilai kemampuan siswa mempelajari materi energi bunyi pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 105316 Beranti Kec. STM Hilir Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai rata-rata 65 masuk dalam kriteria tinggi dengan kesulitan mengerjakan soal nomor 1 dengan persentase kesulitan 52%, mengerjakan soal nomor 2 dengan persentase kesulitan 55%, mengerjakan soal nomor 3 dengan persentase kesulitan 59%, mengerjakan soal nomor 4 dengan persentase kesulitan 59%, dan mengerjakan soal nomor 5 dengan persentase kesulitan 48%. Kesulitan mengerjakan materi energi bunyi pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 105316 Beranti Kec. STM Hilir Tahun Ajaran 2019/2020 masuk dalam kategori tinggi. Faktor-faktor penyebab kesulitan siswa mengerjakan materi energi bunyi pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 105316 Beranti Kec. STM Hilir Tahun Ajaran 2019/2020 adalah kesulitan siswa untuk menjawab pertanyaan karena tidak tahu apa jawabannya, guru hanya menjelaskan dan langsung memberi tugas, siswa merasa bosan dan kurang menarik dan siswa merasa sulit.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Analasis, Learning Diffculties, and Sound Energy.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Si-NIP. 196702251998012001
Pembimbing IIJainal B Togatorop, S.Pd., M.Pd-NIDN. 01224028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Feb 2021 09:29
Last Modified: 18 Feb 2021 09:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1026

Actions (login required)

View Item View Item