ANALISIS KESULITAN SISWA MENGGUNAKAN BAHASABAKU DALAM MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS V DI SD SWASTA CERDAS BANGSA GEDUNG JOHOR TAHUN AJARAN 2019/2020

CHRISTIYANI, NADYA, 1605030043 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA MENGGUNAKAN BAHASABAKU DALAM MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS V DI SD SWASTA CERDAS BANGSA GEDUNG JOHOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (321kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (515kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (676kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (336kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiman kemampuan siswa menggunakan bahasa baku dalam menulis argumentasi, untuk mengetahui kesulitan siswa menggunakan bahasa baku serta faktor penyebab kesulitan siswa menggunakan bahasa baku dalam menulis argumentasi pada siswa kelas V. Populasi berjumlah 25 siswa dan juga sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil tes pada penelitian diperoleh nilai kemampuan siswa menggunakan bahasa baku dalam menulis argumentasi pada siswa kelas V di SD Swasta Cerdas Bangsa Gedung Johor Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai rata-rata 57, 80 masuk dalam kriteria tinggi dengan kesulitan menggunakan kata baku dengan persentase kesulitan 72%, menggunakan kalimat baku dengan persentase kesulitan 76%, dan menggunakan paragraf baku dengan persentase kesulitan 76%. Kesulitan menggunakan bahasa baku dalam menulis argumentasi masuk dalam kategori tinggi. Faktor-faktor penyebab kesulitan siswa menggunakan bahasa baku dalam menulis argumentasi pada siswa kelas V di SD Swasta Cerdas Bangsa Gedung Johor Tahun Ajaran 2019/2020 adalah kesulitan siswa menuangkan ide mereka kedalam bentuk argumentasi.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Standars Language, Arguments Paragraph
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IISiti Rakiyah, S.Pd., M.Hum-NIDN. 0110058507
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 19 Feb 2021 03:37
Last Modified: 19 Feb 2021 03:37
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1027

Actions (login required)

View Item View Item