ANALISIS KESULITAN MENGERJAKAN SOAL OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DESIMAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 106818 LUBANG IDO T.A 2019/2020

SITEPU, BELINDA PERBINA BR, 1605030034 (2020) ANALISIS KESULITAN MENGERJAKAN SOAL OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DESIMAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 106818 LUBANG IDO T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (380kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (128kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (296kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (717kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal, dan untuk mengetahui faktor penyebab siswa dalam mengerjakan soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal maka dilaksanakan dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode deskriptif- kualitatif teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan wawancara. Terlebih dahulu penyebaran tes, setelah tes maka di laksanakan wawancara kepada siswa yang mendapatkan nilai belum tuntas, penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106818 Lubang Ido T.A 2018/2019. Berdasarkan dengan hasil analisis data kemampuan siswa dalam mengerjakan soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal dengan nilai rata-rata 58,64 berkriteria sangat kurang. Kesulitan siswa dilihat pada hasil rangkuman wawancara dalam menyelesaikan soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal pada siswa kelas IV SD Negeri 106818 Lubang Ido T.A 2019/2020 yaitu siswa berkesulitan pada soal yang berbentuk soal cerita. Dari hasil rangkuman wawancara siswa faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal pada siswa kelas IV SD Negeri 106818 Lubang Ido T.A 2019/2020 adalah kesulitan siswa dalam mengubah soal cerita ke model matematika dan siswa sulit memahami materi tersebut.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty Learning to Calculate Summing Operations and Reducing Decimal Fractions.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Yason Mendrofa, M.Pd-NIDN. 0102075901
Pembimbing IIIrwansyah, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 19 Feb 2021 07:36
Last Modified: 19 Feb 2021 07:36
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item View Item