MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGANMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 044825 GUNDALING I BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TARIGAN, JUDENTA, 1605030187 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGANMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 044825 GUNDALING I BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Pokok Bahasan Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat di Kelas III SD Negeri 044825 Gundaling I Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 044825 Gundaling I Berastagi yang berjumlah 20 siswa dan objek penelitian ini melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Pokok Bahasan Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat di Kelas III SD Negeri 044825 Gundaling I Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes bentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru 59,9% atau berkategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa 64 atau berkategori cukup, hasil belajar individu dari 20 siswa yang tuntas 12 orang dan yang tidak tuntas 8 orang, secara klasikal 60% yang tuntas dan 40% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus ini adalah 69 atau berkategori cukup atau belum memenuhi KKM. Sementara pada siklus II, diperoleh hasil pelaksanaan aktivitas guru 79,9% atau berkategori baik, hasil pelaksanaan aktivitas siswa 88, hasil belajar individu dari 20 siswa yang tuntas 17 orang dan yang tidak tuntas 3 orang, secara klasikal 85% yang tuntas dan 15% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus ini adalah 86 atau berkategori baik sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal dan telah memenuhi KKM yang telah ditentukan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar meningkat dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Pokok Bahasan Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat di Kelas III SD Negeri 044825 Gundaling I Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Implementation, Learning Outcomes, Talking Stick Learning Model.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Jainab, M.Pd-NIDN. 132252325
Pembimbing IIDra. Datten, M.Pd-NIDN. 196611291992032001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 19 Feb 2021 08:57
Last Modified: 19 Feb 2021 08:57
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item View Item