HUBUNGAN PENGUASAAN DIKSI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR KWALA BEKALA T.A 2019/2020

DAMANIK, MASNIA SARI BR, 1605030123 (2020) HUBUNGAN PENGUASAAN DIKSI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR KWALA BEKALA T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penguasaan diksi dengan kemampuan menulis argumentasi siswa. Kemampuan menulis argumentasi merupakan salah satu bekal ilmu yang harus dimiliki oleh siswa di SD. Akan tetapi, kenyataannya siswa SD masih kesulitan dalam menulis argumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang akan mendeskripsikan hubungan antara Penguasaan Diksi dengan Katerampilan Menulis Argumentasi siswa dengan populasi penelitian adalah 20 siswa kelasV 060938 Kwala Bekala Medan Johor. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah tes. Tes yang digunakan ada dua yaitu tes penguasaan diksi dengan bentuk pilhan berganda sebanyak 22 soal dan tes kemampuan menulis argumentasi dengan bentuk penugasan. Siswa ditugaskan untuk menulis suatu tulisan argumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis argumentasi siswa kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor Kwala Bekala ditunjukkan dengan nilai t hitung 15,05 lebih besar dari pada nilai t tabel 2,10 (15,05>2,10) pada N= 20 dengan taraf signifikansi 0,05. Besarnya kontribusi penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis argumentasi sebesar 92,16% karena itu dapat dinyatakan bahwa penguasaan diksi memiliki hubungan positif dan signifikan dengan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor Kwala Bekala.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mastery of diction, arguments writing skills
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIRupina M.Br. Tarigan, M.Pd-NIDN. 0111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 19 Feb 2021 09:36
Last Modified: 19 Feb 2021 09:36
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1034

Actions (login required)

View Item View Item