ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS I SD NEGERI 050639 MARYKE TAHUN AJARAN 2019/2020

PERANGIN ANGIN, TRISNA BR, 1605030285 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS I SD NEGERI 050639 MARYKE TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui gambaran kemampuan belajar siswa, 2) untuk mengetahui kesulitan 3) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika materi KPK dan FPB kelas IV SD Negeri 050639 Maryke. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 050639 Maryke. Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020 pada tanggal 20 juni 2020, yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 050639 Maryke yang berjumlah 25 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus persentase, rumus rata-rata dan rumus kriteria penilaian tes. Hasil penelitian yang diperoleh; 1)Gambaran kemampuan belajar siswa diperoleh dengan nilai rata-rata 39,60 dan termasuk pada kriteria rendah, 2) kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal materi KPK dan FPB yaitu kurangnya pemahaman siswa pada materi dan siswa kesulitan menentukan KPK dan FPB, 3) faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada materi KPK dan FPB adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, siswa menganggap pelajaran matematika sulit dan hanya sedikit orang tua yang memotivasi siswa untuk belajar dirumah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Difficulties Matematics, Material for KPK and FPB
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Dr. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IIFrikson Jony Purba, S.Si., M.Pd-NIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 20 Feb 2021 01:58
Last Modified: 20 Feb 2021 01:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1035

Actions (login required)

View Item View Item