ANALISIS KESULITAN SISWA MEMAHAMI MATERI LINGKUNGANALAM DAN LINGKUNGAN BUATAN DI KELAS III SD NEGERI KUBU SIMBELANG TAHUN AJARAN 2019/2020

SEMBIRING, RANI NATALICA BR, 1605030031 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA MEMAHAMI MATERI LINGKUNGANALAM DAN LINGKUNGAN BUATAN DI KELAS III SD NEGERI KUBU SIMBELANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (310kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (346kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (691kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (294kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan, apa kesulitan dan untuk mengetahui apa faktor penyebab kesulitan siswa memahami materi lingkungan alam dan lingkungan buatan di SDN 046421 Kubu Simbelang TahunAjaran 2019/2020. Populasi berjumlah 20 siswa dan sekaligus sebagai sampelpenelitian. Berdasarkan hasil tes pada penelitian diperoleh nilai kemampuan siswakelas III SD Negeri 046421 Tahun Ajaran 2019/2020 pada materi lingkunganalam dan lingkungan buatan dengan nilai rata-rata 60,26 masuk dalam kriteriasangat kurang, dengan kesulitan siswa kelas III SD Negeri 046421 Tahun Ajaran 2019/2020 pada materi lingkungan alam dan lingkungan buatan ialah pada soalnomor 2 dan 5 yaitu menuliskan 3 contoh lingkungan buatan beserta pengertiannya dan menjelaskan pengertian dari sungai, danau dan laut denganpersentase kesulitan siswa masuk dalam kriteria sangat tinggi. Dan berdasarkanhasil wawancar diketahui faktor-faktor penyebab kesulitan kesulitan siswa kelasIII SD Negeri 046421 Tahun Ajaran 2019/2020 pada materi lingkungan alam danlingkungan buatan ialah rasa ketidak tertarikan siswa untuk belajar materilingkungan alam dan lingkungan buatan dikarenakan kurangnya penggunaan media saat mengajarkan materi lingkungan alam dan lingkungan buatan yang mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Difficulties, Natural Environment And Artificial Environment.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ITina Sheba Cornelia, M.Pd-NIDN. 0120058705
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 20 Feb 2021 04:38
Last Modified: 20 Feb 2021 04:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1037

Actions (login required)

View Item View Item