PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD SWASTA NASIONAL TAHUN AJARAN 2019/2020

FITRIA, ADE, 1605030048 (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD SWASTA NASIONAL TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (851kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (965kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari hasil belajar siswa pada Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama dengan menggunakan Pembelajaran Active Learning dan Konvensional di kelas V SD Swasta Nasional Sidodadi Ramunia Tahun Ajaran 2019/2020. Lokasi penelitian ini di SD Swasta Nasional Sidodadi Ramunia. Penelitian ini sebagai subjek adalah siswa kelas V A dan V B dimana masing-masing kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Metode dalam penelitian ini adalah Active Learning. Analisis data dilakukan untuk mengetahui mean, standar deviasi, uji normalitas data, uji homogenitas varians dan uji independen antara dua faktor. Sebelumnya hasil rata-rata belajar siswa pada tes awal di kelas V A adalah 60,76 dan hasil rata-rata belajar siswa kelas V B adalah 59,83. Setelah pembelajaran di kelas V A menggunakan Active Learning diperoleh hasi rata-rata belajar siswa pada tes akhir adalah 77,03, sementara hasil rata-rata belajar siswa di kelas V B dengan tidak menggunakan Active Learning adalah 75,43. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Active Learning lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dari pada pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran Pkn materi Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Active Learning, Civic Education
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIDrs. Heryanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 22 Feb 2021 03:16
Last Modified: 22 Feb 2021 03:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1039

Actions (login required)

View Item View Item