FITRIA, ADE, 1605030048 (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD SWASTA NASIONAL TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (851kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (965kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari hasil belajar siswa pada Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama dengan menggunakan Pembelajaran Active Learning dan Konvensional di kelas V SD Swasta Nasional Sidodadi Ramunia Tahun Ajaran 2019/2020. Lokasi penelitian ini di SD Swasta Nasional Sidodadi Ramunia. Penelitian ini sebagai subjek adalah siswa kelas V A dan V B dimana masing-masing kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Metode dalam penelitian ini adalah Active Learning. Analisis data dilakukan untuk mengetahui mean, standar deviasi, uji normalitas data, uji homogenitas varians dan uji independen antara dua faktor. Sebelumnya hasil rata-rata belajar siswa pada tes awal di kelas V A adalah 60,76 dan hasil rata-rata belajar siswa kelas V B adalah 59,83. Setelah pembelajaran di kelas V A menggunakan Active Learning diperoleh hasi rata-rata belajar siswa pada tes akhir adalah 77,03, sementara hasil rata-rata belajar siswa di kelas V B dengan tidak menggunakan Active Learning adalah 75,43. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Active Learning lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dari pada pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran Pkn materi Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Active Learning, Civic Education | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2021 03:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Feb 2021 03:16 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1039 |
Actions (login required)
View Item |