ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN BILANGAN BULAT DI KELAS IV SD SWASTA KATOLIK DELITUA TAHUN AJARAN 2019/2020

PANDIANGAN, JUWITA FEBRINA, 1605030261 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN BILANGAN BULAT DI KELAS IV SD SWASTA KATOLIK DELITUA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan letak kesalahan siswa kelas IV SD Swasta Katolik Delitua dalam menyelesaikan soal bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Swasta Katolik Delitua pada semester genap 2019/2020. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa letak kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan memahami soal, yaitu siswa tidak dapat mengungkapkan soal dengan kalimatnya sendiri, kesalahan transformasi, yaitu siswa salah dalam membuat model matematika, kesalahan perhitungan, yaitu siswa salah dalam melakukan perhitungan dan kesalahan penyimpulan, yaitu siswa tidak menuliskan hasil akhir dalam bentuk yang di kehendaki soal serta siswa salah dalam menuliskan jawaban akhir dalam bentuk yang dikehendaki soal. Kesulitan belajar matematika juga terjadi dalam materi bilangan bulat di kelas IV SD. Untuk mengatasi kesulitan belajar ini perlu adanya analisis kesulitan belajar matematika materibilangan bulat. Analisis dilakukan dengan instrument tes dan angket yang menggunakan metode uji validasi dan reliabilitas serta perhitungan persentase jawaban. Berdasarkan hasil penelitian di SD Swasta Katolik Delitua diperoleh bahwa, kesulitan belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SD Swasta Katolik Delitua.T.A 2019/2020 yaitu secara umum pada pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu motivasi belajar diperoleh nilai 61,63 dengan kriteria cukup dan sikap dalam belajar diperoleh nilai 50,45 dengan kriteria cukup. Sehingga untuk mengatasi kesulitan belajar matematika materi bilangan bulat ini sangat diperlukan penguatan motivasi terhadap siswa kelas IV SD Swasta Katolik Delitua. Siswa mengalami kesulitan belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat disebabkan karena kurangnya kemandirian siswa dalam memahami pembelajaran yang ditunjukan melalui sikap tidak mengulangi pembelajaran dirumah dan tidak mencari sumber informasi lainnya yang berkaitan dengan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Difficulties in Mathematics, Integers, Percentage of Answers, Learning Motivation
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Hartono S, M.Pd-NIP. 195706191990031001
Pembimbing IISiti Zahara H.Harahap, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:33
Last Modified: 22 Feb 2021 04:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item View Item