ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENJELASKANPERISTIWA ALAM DAN DAMPAKNYA BAGI MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SD NEGERI 101920 SILEBO-LEBO TAHUN AJARAN 2019/2020

KELIAT, WULANDARI, 1605030348 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENJELASKANPERISTIWA ALAM DAN DAMPAKNYA BAGI MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SD NEGERI 101920 SILEBO-LEBO TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (320kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (519kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (887kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (409kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1). Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar siswa dalam menjelaskan tentang peristiwa alam dan dampaknya bagi makhluk hidup serta lingkungan di kelas V SD Negeri 101920 Silebo-Lebo Tahun Pelajaran 2019/2020. (2). Untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menjelaskan tentang peristiwa alam dan dampaknya bagi makhluk hidup serta lingkungan di kelas V SD Negeri 101920 Silebo-Lebo Tahun Pelajaran 2019/2020. (3). Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menjelaskan tentang peristiwa alam dan dampaknya bagi makhluk hidup serta lingkungan di kelas V SD Negeri 101920 Silebo-Lebo Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di di kelas V SD Negeri 101920 Silebo-Lebo Tahun Pelajaran 2019/2020, pada tanggal 19 Juni 2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Negeri 101920 SileboLebo Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 21 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji rata-rata dan presentase. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah: (1). Deskripsi kemampuan siswa kelas V SD Negeri 101920 Silebo-Lebo berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa dalam memahami materi peristiwa alam dan dampaknya diperoleh nilai 59,76 dan termaksud dalam kategori kurang mampu. (2). Kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi memahami materi peristiwa alam dan dampaknya mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 101920 Silebo-Lebo pada tes soal nomor 3 dan 5 dikarenakan siswa banyak salah dalam menjawab soal tersebut. (3). Faktor penyebab kesulitan siswa kelas V SD Negeri 101920 Silebo-Lebo dalam memahami materi peristiwa alam dan dampaknya, dikarenakan pembelajaran yang dilakukan guru jarang menggunakan media pembelajaran saat mengajar pembelajaran IPA, sehingga siswa mengantu saat proses pembelajaran, siswa tidak suka pembelajaran IPA karena dianggap membosankan, siswa juga tidak mengulang pembelajaran yang telah dipelajari di sekolah saat berada di rumah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Difficulties, Natural Events and Impacts
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IIDr. Dedi Holden Simbolon, M.Pd-NIDN. 0103118701
UNSPECIFIEDJainal B Togatorop, M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:27
Last Modified: 22 Feb 2021 07:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1043

Actions (login required)

View Item View Item