SARAGIH, MISRAYATI, 1605030320 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MATA PELAJARAN PKn DI KELAS VSD DHARMA WANITA PERTIWI MEDAN SELAYANG T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (508kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (637kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (912kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (780kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (508kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa, untuk mengetahui kesulitan yang di alami siswa serta faktor penyebab kesulitan siswa pada materi kebebasan berorganisasi mata pelajaran PKn di kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan Selayang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan Selayang Tahun Ajaran 2019/2020 pada semester genap tanggal 19 Juni 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan Selayang berjumlah 25 orang . Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian, maka diperoleh kemampuan dalam memahami materi kebebasan berorganisasi mata pelajaran PKn berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan Selayang diperoleh nilai 68,40 dan termaksud dalam kategori kurang mampu. Sedangkan kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi kebebasan berorganisasi mata pelajaran PKn di kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan Selayang pada tes soal nomor 4 dan 5, yaitu siswa tidak memahami fungsi dari organisasi dan tujuan dari organisasi.Adapun faktor penyebab kesulitan siswa kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan Selayang dalam memahami materi kebebasan berorganisasi, berdasarkan wawancara, dikarenakan pembelajaran yang dilakukan guru belum maksimal sehingga membuat siswa merasa tidak tertarik atau bosan dalam pelajaran PKn pada materi kebebasan berorganisasi, siswa tidak memahami apa yang dimaksudkan dengan kebebasan berorganisasi, siswa mengantuk saat belajar, siswa tidak suka pelajaran PKn, siswa juga tidak mengulang pembelajaran PKn yang telah dipelajari di sekolah saat berada di rumah.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Difficulties, Freedom of Organization | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2021 07:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Feb 2021 07:59 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1044 |
Actions (login required)
View Item |