SIMAMORA, DAHLIA, 1605030222 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA MENYELESAIKAN MATERI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 048099 PAYAMBELANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar sisw, kesulitan yang dialami siswa dan apa faktor penyebab kesulitan siswa menyelesaikan materi sumber energi dan kegunaanya pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 048099 Payambelang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 0448099 Payambelang Tahun Ajaran 2019/2020, pada tanggal 19-20 Juni 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 048099 Payambelang dan sampel dari penelitian ini adalah kelas IV dengan total jumlah 21 siswa. Jenis Analisis Data dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dalam menyelesaikan materi sumber energi dan kegunaannya berkategori kurang mampu dan diperkuat lagi pada nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 58,33. Sedangkan kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi sumber energi dan kegunaanya pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 048099 Payambelang pada tes soal nomor 2 dan 3 yaitu siswa tidak memahami pengertian energi panas, listrik, bunyi dan macam-macam sumber energi. Adapun faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan materi sumber energi dan kegunaannya berdasarkan wawancara. Dikarenakan siswa tidak mengerti pada pembelajaran dan sudah lupa pada pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis, Learning Difficulties, Natural Sciences | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2021 09:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Feb 2021 09:10 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1045 |
Actions (login required)
View Item |