PENGARUH KEJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA KELAS IV SD INPRES 101864 GUNUNG RINTIH T.A 2018/2019

TARIGAN, NOVITA SARI BR, 1605030188 (2020) PENGARUH KEJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA KELAS IV SD INPRES 101864 GUNUNG RINTIH T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (507kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (298kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (418kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (144kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah u ntuk masih ada masalah ditinjau dari hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang rendah. Metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, guru kurang melibatkan siswa untuk berinteraksi dalam pembelajaran, dan rendahnya minat belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD INPRES 101864 Gunung Rintih sebanyak dua kelasdengan jumlah siswa 38 orang dan sebagai sample yaitu kelas IV-A Sebagai kelas kontrol sebanyak 18 orang dan IV-B sebagai kela eksperimen sebanyak 20 orang. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen dan Instrument penelitian adalah Soal Pre Test dan Post Test bentuk essay sebanyak 5 soal diambil dari soal teks bacaan dalam Mengidentfifikasi Unsur Cerita. Pengujian Hipotesis menggunakan Uji Independen Antara Dua Faktor. Dengan taraf signifikan dan uji persyaratan analisis yaitu normalitas data dan homogenitas varians. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh rata-rata kemampuan siswa yang diajarkan dengan Kerja Kelompok adalah 77,50 sedangkan rata-rata kemampuan siswa yang diajarkan dengan konvensional adalah 72,50 dan kemampuan siswa dengan menggunakan kerja kelompok lebih baik dari pada kemampuan siswa yang diajarkan dengan Konvensional dikelas IV SD INPRES 101864 Gunung Rintih Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Group Work Towards Student Learning Results Indonesian Language Identifies Story Elements.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIEka Oksani Harahap, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0127108307
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 22 Feb 2021 09:20
Last Modified: 22 Feb 2021 09:20
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1046

Actions (login required)

View Item View Item